Jumat, 28 Desember 2018

Menhub RI Apresiasi Sinergitas Sejumlah Pihak Demi Keselamatan Berlalu Lintas di Wilayah Kabupaten Karanganyar


Karanganyar - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengapresiasi sinergisitas sejumlah pihak menjaga keselamatan berlalu lintas selama libur natal dan tahun baru.

Pernyataan itu disampaikan Budi saat melakukan kunjungan kerja ke Taman Balekambang Tawangmangu pada Kamis (27/12). Budi di dampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, mengecek kelayakan bus pariwisata dan kesehatan sopir. Mereka melakukan ramp check salah satu bus pariwisata di area parkir Taman Balekambang.

Pengecekan dimulai dari memastikan kondisi ban, wiper, klakson, sabuk pengaman, rem dan lain-lain. Sebelumnya mereka memantau pengecekan kesehatan sopir melalui tes urine. Sejumlah sopir dan awak bus mengikuti tes urine yang dilakukan dokter Polres Karanganyar. Sampel urine dites menggunakan test untuk mengetahui kandungan morfin, kokain, ganja, amphetamine, ekstasi, sabu-sabu, dan obat penenang. Hasilnya menunjukkan negatif zat adiktif.

"Saya mengapresiasi yang dilakukan polisi kepada pengemudi. Bisa dipastikan pengemudi sehat, baik. Kami juga mengapresiasi kerja Dishub dan Pak Bupati, karena menopang kegiatan ramp check bus. Penting bus laik jalan, pengemudi laik. Selain itu, mereka mengerti peraturan," kata Budi saat berbincang dengan wartawan seusai mengecek kelaikan bus.

Ia berharap proses ramp check dan test urine intensif selama musim liburan. Dia berharap jajaran kepolisian dan pemerintah daerah memastikan hal itu terlaksana terutama di area wisata. Hal senada disampaikan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri. Ia mengatakan hasil pengecekan di sejumlah lokasi. 

"Kerjasama dan sinergi dari kepolisian, perhubungan, dan Pemda. Penting seluruh faktor keselamatan dipenuhi agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Di Karanganyar sarana dan prasarana jalan tersedia, memadai, dan laik jalan. Armada juga terpenuhi. Kehadiran Pak Menteri untuk memastikan itu," ujar dia.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono M M, Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gotot Effendi, S.Ik,M.H. dan ketua OPD turut mendampingi Menhub dalam pengecekan Bus guna keselamatan dan kenyamanan penumpangnya. Menhub juga mengapresiasi sinergitas sejumlah pihak demi keselamatan berlalu lintas di wilayah kabupaten Karanganyar, Kamis (27/12/18).

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...