Selasa, 18 Desember 2018

Memajukan Kabupaten Karanganyar Yang Lebih Baik


Karanganyar - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M., bersama Forkopimda kabupaten Karanganyar menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD kabupaten Karanganyar masa sidang I. Selain melaksanakan rapat paripurna, juga diadakan acara Serah terima jabatan Bupati Karanganyar dan penyampaian visi dan misi Bupati Karanganyar masa jabatan 2018-2023 di Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar, Senin (17/12/18).

Dalam sambutannya Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono mengungkapkan, pemberdayaan masyarakat tidak dapat dilakukan hanya melalui satu pendekatan saja, karena permasalahan pada masing aspek aspek kehidupan sangat kompleks. pemberdayaan masyarakat dalam bidang perekonomian yang baik tidak cukup hanya dengan pemberian modal tetapi juga perlu adanya penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat dan penguatan posisi tawarnya.

Pemberdayaan dalam bidang ekonomi atau penguatan ekonomi rakyat perlu dilakukan secara elegan tanpa menghambat atau mendiskriminasikan antara ekonomi yang kuat dan yang lemah. Untuk itu, peran pemerintah dalam memberdayakan perekonomian masyarakat melalui usaha mikro usaha kecil usaha menengah dan usaha besar sangat diperlukan. Pemberdayaan perekonomian masyarakat yang digarap secara serius akan memperlancar proses penguatan ekonomi rakyat menuju ekonomi rakyat yang kokoh, modern dan efisien (berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, berkepribadian di bidang budaya.

Memajukan: Kata kata memajukan berasal dari kata maju. Maju dimaknai dari penjelasan misi atau prioritas program bupati dan wakil bupati terpilih. Maju dalam arti menjadi lebih baik dari kondisi yang sebelumnya. Suatu masyarakat dikatakan makin maju apabila sumber daya manusianya memiliki kepribadian bangsa berakhlak mulia dan memiliki kualitas pendidikan yang baik serta dapat menjamin eksistensi kehidupannya di masa datang. Kemajuan ini tidak mungkin terwujud dan terlaksana tanpa ada peran pemerintah yang mengatur, menata fasilitas serta melaksanakannya. Memperhatikan hal ini, kemajuan di bidang pemerintahan juga menjadi harapan dari semua pihak di Kabupaten Karanganyar.

Memajukan juga bersifat aktif di harapan semua pihak dapat mengambil peran secara aktif dan positif, demi kemajuan Kabupaten Karanganyar atau Kabupaten Karanganyar yang lebih baik. Keaktifan masyarakat dapat dilihat dari berbagai peran yang dapat diambil dari mulai perencanaan pelaksanaan maupun evaluasi. Tetapi semua itu harus dilakukan dalam satu koridor demi kemajuan dan kebaikan Kabupaten Karanganyar, bukan karena ingin saling menjatuhkan atau menguasai.

"Perbedaan keyakinan bukan menjadi keretakan memudarnya kehidupan keluarga di masyarakat. Perbedaan merupakan rahmatan yang harus disyukuri. Hal ini akan menimbulkan rasa saling hormat menghormati. Peningkatan kualitas keagamaan, sosial, budaya, pemberdayaan perempuan, pemuda dan Olahraga akan dapat menumbuh kembangkan semangat kekeluargaan serta persatuan dan kesatuan", pungkas Bupati.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar

Kodim Karanganyar - Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir CabangGerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar Kodim Karanganyar - Peringatan...