Senin, 31 Desember 2018

Peran TNI dalam Membina Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama


Karanganyar - Peran TNI dalam Membina Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama "BHINNEKA TUNGGAL IKA" pada kesempatan Workshop Penguatan Internal Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M, memberikan wawasan kebangsaan kepada peserta workshop di Hotel Reverhill Tawangmangu. Jum'at (28/12)

Dandim menyampaikan, UU No : 34 tahun 2004 tentang TNI, tugas pokok TNI adalah Operasi Militer Selain Perang (OPSM) membantu tugas Pemerintah Daerah, membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka Tugas Kamtibmas yang di atur dalam Undang - Undang dan 4 Konsensus Dasar Negara Bhinneka tunggal Ika, UUD 45, NKRI, Pancasila.

Nilai toleransi merupakan satu sikap yang mau memahami orang lain sehingga komunikasi dapat berlangsung secara baik. Nilai keadilan merupakan satu sikap mau menerima haknya dan tidak mau mengganggu hak orang lain. Nilai gotong royong merupakan satu sikap untuk membantu pihak orang lain yang lemah agar sama - sama mencapai tujuan.


Kehidupan internal umat beragama merupakan saling pengertian, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya, kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam NKRI.

Dalam upaya mendorong terciptanya kerukunan hidup antar umat beragama dengan cara :

1. Memperkuat dasar-dasar kerukunan internal antar umat beragama serta umat beragama dengan pemerintah.
2.  Membangun harmonisasi sosial dan persatuan nasional untuk hidup rukun dalam bingkai ideologi dengan menciptakan kebersamaan dan sikap toleransi.
3.     Menciptakan suasana kehidupan beragama yang kondusif dengan memantapkan pendalaman, penghayatan dan pengamalan agama.
4.  Mendorong agar tidak memanfaatkan isu agama untuk kepentingan politik atau kelompok.
5.    Meningkatkan pemahaman tentang kehidupan berbangsa dan bernegara dalam format NKRI.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terjun Langsung ke Jalan Mayor Suwarko Pimpin Pengamanan Jalannya Karnaval

Kodim Karanganyar - Terjun Langsung ke Jalan Mayor Suwarko Pimpin Pengamanan Jalannya Karnaval Kodim Karanganyar - Terjun Langsung ke...