Babinsa Menghadiri Sosialisasi PIS



Karanganyar - Serka Suparno anggota Koramil 04/Jaten Kodim 0727/Karanganyar menghadiri Program Indonesia Sehat (PIS) dengan pendekatan keluarga di balai Desa Sroyo Kecamatan Jaten. Rabu (07/03)

Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar melalui Puskesmas Jaten mengadakan pelatihan Pendataan Keluarga Sehat. Dalam rangka melaksanakan Program Indonesia Sehat, Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar melalui Puskesmas mengadakan pelatihan Pendataan Keluarga Sehat.

Pelatihan Keluarga Sehat diikuti para Kadus desa Sroyo, yang nantinya akan sebagai kader di wilayahnya dan mensosialisasikan ke warganya. Penanggungjawab program PIS PK Puskesmas dan Petugas Promkes. Sebagai narasumber  dr. G. Siap Aji Putranto Wibowo, TOT (Trainer Of Training) berasal dari Dinas Kesehatan  dan 2 orang berasal dari Puskesmas Jaten 2.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan penguatan tiga pilar utama, yaitu mewujudkan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional. Salah satu upaya untuk mengintegrasikan ke tiga pilar tersebut, dilakukan melalui Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk mencapai keluarga sehat.

Kasi Kesos Kesehatan Kabupaten Karanganyar Wahyono menjelaskan, Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga adalah salah satu cara Puskesmas meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.

Jadi Puskesmas tidak hanya melaksanakan kegiatan dalam gedung, tetapi juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya. Program ini akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahun pertama dilaksanakan sesuai kemampuan Puskesmas, misalnya jika tidak mampu pendataan untuk satu desa, bisa dusun RW. Namun selanjutnya harus dilaksanakan secara keseluruhan anggota keluarga, jelasnya.

(04-Pendim 0727/Kra)

Komentar