Senin, 26 November 2018

Budaya Merupakan Alat Pemersatu Bangsa Indonesia


Karanganyar - Indonesia memang terkenal dengan beranekaragam budayanya, khususnya tanah Jawa. Hampir disetiap wilayah memiliki adat istiadat, budaya dan tradisi masing-masing. Contohnya Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah) memiliki budaya Grebeg Lawu, seperti yang  sedang kita saksikan saat ini di Terminal Wisata Tawangmangu. Minggu (25/11)

Grebeg Lawu merupakan budaya asli Kabupaten Karanganyar yang dilaksanakan rutin tiap tahunnya. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian untuk memperingati hari jadi ke-101 Kabupaten Karanganyar. Acara ini akan berlangsung selama 7 hari. Pada Acara pembukaan Grebeg lawu, dibuka langsung oleh Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono MM. yang didampingi oleh Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Inf Suwarko beserta Forkopimda Karanganyar. Grebeg Lawu tahun ini mengangkat tema "Gebyar Pesona Budaya".

Bupati Karanganyar mengungkapkan, “Hari ini kita memulai tamasya di daerah Grojogan Sewu yang terletak di bawah gunung Lawu. Saya sudah memesan kepada semua orang, agar selalu merawat gunung Lawu. Jangan sekali-kali merusaknya, karena gunung Lawu merupakan ciptaan Allah SWT yang diciptakan untuk kita semua dan tentu akan membawa berkah bagi kita semua. Tanggal 17 November kemarin saya sudah meletakkan batu pertama (sebagai simbol awal pembangunan) di lokasi pendakian jalur Cemoro Kandang. Rencananya nanti akan kita bangun jalur tersebut sampai di atas sana (argodumilah).

Diperkirakan pembangunan akan selesai pada tahun 2020 dan sampai atas sana nanti juga akan dipasangi lampu penerangan. Sehingga gunung Lawu akan menjadi destinasi wisata yang mengundang para wisatawan lokal maupun asing, dari belahan manapun. Tawangmangu ini nantinya akan menjadi sangat ramai.

"Budaya merupakan alat pemersatu bangsa Indonesia. Melalui budaya kita dapat dipersatukan di terminal wisata Tawangmangu ini. Budaya juga merupakan alat perekat. Oleh karena itu, budaya agar selalu di uri-uri dan dilestarikan", pungkasnya.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar

Kodim Karanganyar - Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir CabangGerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar Kodim Karanganyar - Peringatan...