Dandim Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar Masa Sidang I

Karanganyar - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M., Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono dan Forkopimda Karanganyar menghadiri Penetapan keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar tentang program pembentukan peraturan daerah Kabupaten Karanganyar tahun 2019 di gedung DPRD Karanganyar. Senin (05/11)

Adapun sambutan Bupati Karanganyar kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD khususnya Badan Legislatif Daerah, yang telah mengagendakan rapat pembahasan terhadap Usulan Program Pembentukan Peraturan Hukum Daerah (PROPEMPERDA) Kabupaten Karanganyar Tahun 2019.

“Pemerintahan Daerah sebagai salah satu unsur penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan pasal 18 ayat (6) Undang-Undang Dasar Negara Republnk Indonesia tahun 1945. Hak untuk menetapkan peraturan daerah dan peraturan-peraturan untuk melaksanakan otonomi daerah dan tugas pembantuan.

Pengaturan mengenai prosedur atau tata cara pembentukan Peraturan Perundang-undangan di daerah telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011, tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang selanjutnya secara teknis dijabarkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah. Mengingat peranan peraturan daerah yang demikian penting dalam penyelenggaraan otonomi daerah, maka penyusunannya perlu diprogramkan.

Pembentukan Peraturan Daerah mencakup tahapan perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan dan pengundangan yang berpedoman pada ketentuan Peraturan Perundang-undangan. Perencanaan penyusunan Perda dilakukan dalam Program Pembentukan Perda atau PROPEMPERDA yang merupakan instrumen perencanaan program pembentukan perda yang disusun secara terencana, terpadu dan sistematis.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar