Dandim Karanganyar Hadiri Jambore Satlinmas Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018

Karanganyar - Kegiatan Jambore Linmas se-Jateng ini diharapkan menjadi kegiatan yang menyenangkan, inspiratif dan mampu memotifasi agar Linmas terlihat makin guyup, tambah solid, lebih terampil dan yang pasti selalu punya kepekaan tinggi atas situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat. Linmas harus serba tahu atas apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar untuk kemudian dapat di informasikan secara baik.

Linmas harus terus berperan serta dalam setiap kegiatan yang ada dimasyarakat, baik itu yang berupa acara keagamaan, pawai pembangunan atau bahkan pernikahan. Linmas juga harus menguasai kasus - kasus KDRT, orang mabuk ataupun hal hal negatif lainnya, Linmas harus makin naik kelas, makin melek tehnologi informasi dan mampu memanfaatkan secara bijak dan sehat. Personil Linmas Jateng harus punya akun di medsos sampaikan hal hal positif atas apa yang tetjadi di masyarakat lewat akun di medsos. Informasi ini akan sangat membantu membangun sikap optimisme masyarakat dan sekaligus menjadi counter atas maraknya Hoax di medsos.

Bukan hanya hal positif, sampaikan pula hal negatif, dilanjutkan sampaikan pada rekan- rekan TNI/POLRI yang ada di dekat desa atau kelurahan (Babinsa atau Babinkamtibmas,) sebagai masukan untuk antisipasi dan respon cepat agar hal negatif tersebut tidak membias serta meluas yang kemudian berpotenai mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Linmas merupakan garda depan untuk deteksi dini atas potensi gangguan di masyarakat. Linmas mempunyai daya tangkal luar biasa dalam menghadapi ancaman terhadap ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Pada saat Pileg dan Pilpres Linmas harus berperan aktif dalam pelaksanaannya, jangan hanya mengawal kotak suara dari dan ke TPS. Linmas juga jangan hanya mengawal dan mengamankan TPS ketika pemungutan serta penghitungan suara dilaksanakan. Begitupun saat musim hujan Linmas juga harus ikut terlibat pada kegiatan tanggap dan mitigasi bencana, bagaimanapun Linmas harus aktif mengingatkan masyarakat atas potensi bencana yang mungkin terjadi di sekitarnya. Linmas harus trampil membantu mengevakuasi pengungsi jika terjadi bencana, termasuk mengamankan wilayah yang di tinggal masyarakat untuk mengungsi, membantu dapur umum dan lain - lain.

Linmas dengan segala kekuatan yang di miliki kiranya lebih dapat mengambil peran nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara. Rawat Indonesia melalui kepekaan dan kemampuan deteksi dini atas ancaman dan gangguam terhadap kehidupan masyarakat.

Mari lanjutkan karya bhakti dan pengabdian bagi pertiwi, berkarya meski sedikit jauh lebih baik dari pada diam saja. Terus berdedikasi tanpa pamrih untuk negeri,”pungkas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang disampaikan oleh Sekda Provinsi Jateng Dr. Ir. Sri Puryono K.S.M.P.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Muhammad Ibrahim Muchtar M. turut menghadiri acara jambore satlinmas tingkat provinsi jawa tengah tahun 2018 di Tawangmangu Karanganyar. Rabu (07/11)

(Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar