Jumat, 30 November 2018

Pelantikan Kepengurusan Baru Senkom Mitra Polri Karanganyar Periode 2018 - 2023



Karanganyar - Kepengurusan baru Senkom Mitra Polri Karanganyar periode 2018 - 2023 resmi dilantik. Pelantikan dilakukan di Pendopo Rumah dinas Bupati Karanganyar, dipimpin oleh ketua HM. Umar Syahid, SE,MM, Karanganyar, Rabu (29/11/2018).
 
Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Inf Suwarko menghadiri Pelantikan Pengurusan Kabupaten dan FKPM Komunitas Senkom Mitra Polri Karanganyar.

Ketua Senkom Mitra Polri yang baru H. Joko Sutrisno, SH, MM, dalam sambutannya mengatakan, total ada 53 orang pengurus Senkom Mintra Polri Karanganyar yang dilantik. Dalam pelantikan tersebut pengurus DPP meminta kepada Pemkab Karanganyar dan masyarakat untuk membantu melakukan pengawasan.

Di wilayah kabupaten Karanganyar senkom ada sekitar 650 orang kader Senkom. Mereka eksis di FKPM (SAR) maupun bidang sosial/Kamtibmas untuk menjadi kader Senkom MP,”ungkapnya. Gampang-gampang susah karena harus menjauhi molimo yang meliputi maling (mencuri), main (berjudi), madat (narkoba), mateni (membunuh), dan madon (main perempuan).

Anggota Senkom Mitra Polri Karanganyar juga harus sudah bekerja dan tidak boleh menjadi pengangguran saat menjadi anggota. Selain tidak boleh merokok, anggota juga dilarang menggunakan narkoba.

“Senkom harus bekerja memberikan manfaat untuk masyarakat. Anggota juga harus menaati aturan seperti larangan merokok,” ujar Joko.


Dalam melaksanakan tugasnya anggota Senkom Karanganyar selalu berkoordinasi dengan petugas terkait baik dari TNI dan Polri,  dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Koordinasi dimaksudakn karena masing masing anggota memiliki fungsi tugas sendiri.

“Anggota wajib koordinasi dengan petugas terkait. Misal untuk masalah hukum koordinasi dengan polisi dan bencana alam dengan BPBD,” lanjutnya.

Bupati Kabupaten Karanganyar mengatakan, Senkom Mitra Polri merupakan salah satu organisasi masyarakat yang sangat penting bagi masyarakat. Salah satunya berkaitan dengan pengamanan lingkungan, dengan adanya Senkom Babinsa dan Babinkamtibmas selaku terbantu.

Senkom Mitra Polri  merupakan salah satu organisasi atau kelompok masyarakat yang sangat berperan dalam membantu menginformasikan dan pengamanan lingkungan disekitarnya, terutama tanggab darurat bencana,”terang Yuliatmono.

Bupati juga mengapresiasi keberadaan Senkom MP di daerahnya. Dalam setiap kesempatan baik dalam hal aksi rescue bencana alam maupun baksos lainnya seperti program TMMD, Posko Lebaran anggota Senkom selama ini tampil terdepan secara profesional dan bekerja dengan tulus.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...