Senin, 12 November 2018

Upacara Hari Pahlawan Kabupaten Karanganyar


Karanganyar – Pahlawan jangan sampai dilupakan, dengan itu pada tanggal 10 November sudah di tetapkan sebagai hari Pahlawan. Pemerintahan Kabupaten Karanganyar melaksanakan upacara dalam rangka hari pahlawan di Sekda Karanganyar, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. turut hadir dalam acara tersebut. Sabtu (10/11)

Amanat Mentri Sosial RI Pada Upacara Bendera Memperingati Hari Pahlawan yang dibacakan oleh Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono M.M “Setiap tahun pada tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakqn perang fisik pertama setelah Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Di bulan November ingatan kolektif Bangsa Indonesia akan tertuju pada keberanian, sangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Peringatan hari pahlawan bukan semata-mata sebuah acara namun harus serat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai - nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini penting, karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis bisa menguat bahkan melemah. Untuk itu kiranya seluruh rangkaian kegiatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun Bangsa Indonesia.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah "Semangat Pahlawan Di Dadaku " mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai - nilai kepahlawanan. Setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Peringatan hari pahlawan menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk melakukan instropeksi diri, sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai - nilai kepahlawanan melanjutkan perjuangan. Mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera adil dan makmur.

Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya, terkait dengan hal tetsebut Bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk majukan negara ini. Negara ini membutuhkan pemuda yang kokoh, dengan jati dirinya mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial. Sehingga mampu terlibat dalam usaha - usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan soaial.

Negara ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk memajukan bangsa dan mampu memanfaatkan keunggulan tehnologi untuk menjadikan Indonedia di perhitungkan bersanding dengan negara lain, khususnya ketika negara ini memasuki era evolosi industry.

Marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...