Senin, 19 November 2018

Ribuan Penari Meriahkan HUT ke 101 Kabupaten Karanganyar


Karanganyar – Ribuan penari ikut tampil dalam upacara perayaan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar yang ke-101 yang digelar di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Minggu (18/11) pagi.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. beserta Ibu ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVIII Kodim 0727/Karanganyar hadir dalam Upacara Hari Jadi ke-101 Kabupaten Karanganyar di alun - alun Kabupaten Karanganyar.

Penari ini sendiri berasal dari perwakilan pelajar se-kabupaten Karanganyar yang ada di masing-masing sekolah di Bumi Intanpari, terdapat 1100 penari yang ikut memeriahkan HUT ke 101 kabupaten Karanganyar. 

Koreografi tari ini sendiri menceritakan tentang perjuangan Nyi Ageng Karang, termasuk saat dirinya bertemu dengan Raden Mas Said sewaktu mendirikan Kabupaten Karanganyar. Sandratari tersebut mengambil judul Derkuku Karang.

”Untuk tahun ini nanti akan berbeda ceritanya dengan tahun-tahun sebelumnya yang menggambarkan perjuangan Raden Mas Said. Kali ini kita sengaja mengangkat sosok atau tokoh dari Nyi Ageng Karang, yang merupakan salah satu pendiri Karanganyar,” ucap Ari Kuntarto, Koreografer Tari HUT Karanganyar.

Nyi Ageng Karang bertemu Raden Mas Said di salah satu tempat di lereng Gunung Lawu. ”Lokasi pertemuan antara Raden Mas Said dan Nyi Ageng Karang, itulah yang akhirnya memunculkan nama Karanganyar. Sedangkan dalam pentas tari yang digelarkan nantinya berjudul Derkuku Karang.

Dalam tari - tarian tersebut di ikuti oleh Kepala OPD beserta tamu undangan untuk melepaskan 101 Burung Derkuku.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...