Selasa, 12 Februari 2019

Penghijauan Merupakan Wujud dari Kepedulian Terhadap Lingkungan


Kodim 0727/Karanganyar - Serka  Fajar Pamungkas Babinsa Desa Berjo yang merupakan anggota Koramil 09/Ngargoyoso melaksanakan kegiatan Konservasi dan  Penghijauan di sekitar Tlogo Madirda Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar dan bersama SMA, SMK se-Kabupaten Karanganyar dengan jumlah 2000 bibit pohon. Senin (11/02/2019)

Babinsa memberikan pengertian bahwa kegiatan penghijauan sangat penting. Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan.

Begitu pentingnya, sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso merupakan daerah pegunungan yang merupakan tempat penampungan air, dan lokasi yang rawan longsor apabila lahan menjadi gundul. Adapun jenis tanaman yang di tanam seperti pohon beringin, pohon akasia , pohon damar dan belimbing wuluh.

"Manfaat lainya dari penghijauan ini yaitu untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan.

Adapun manfaat lain bagi makluk hidup yaitu pada proses fotosintesis tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan,"pungkas Fajar.

(09-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...