Jumat, 08 Februari 2019

Babinsa Terdepan Dalam Pendampingan Pertanian


Kodim 0727 Karanganyar - Panas bukan halangan dan hujan bukan hambatan untuk Babinsa desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar, Serka Basrowi yang sekaligus anggota Koramil 04 Jaten melaksanakan tugasnya mendampingi para petani di desa binaan dalam memberantas gulma pada tanaman padi. Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa di capai oleh tanaman produksi yaitu tanaman padi itu sendiri. Kamis (07/2)

"Pengendalian pada tahapan penanggulangan gulma ini dapat dilakukan dengan cara manual seperti penyiangan dengan tangan, penggunaan alat mekanis dan secara kimiawi dengan penyemprotan pestisida. Akan tetapi penggunaan pestisida secara berlebihan juga dapat merusak lingkungan, untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan pestisida terhadap lingkungan, penggunaanya pun perlu dibatasi dengan takaran yang benar dan tepat," Ujar Basrowi.

Dalam rangka melaksanakan program upaya khusus (upsus) pemerintah, Babinsa harus selalu melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah binaan. Selain guna mempercepat dan mensukseskan swasembada pangan terutama pada komoditas padi, hal tersebut dapat memberikan motivasi tersendiri bagi petani. Menyadari betapa pentingnya mendukung swasembada pangan di daerah maupun secara nasional, karena secara otomatis akan meningkatkan pula kesejahteraan petani," Tegas Danramil 04 Jaten Kapten Kav Dwi Wahyu Cahyono.

(04-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Team Dalwaslat Korem 074 Warastratama Tinjau Latihan Menembak Kodim 0727 Karanganyar

Kodim Karanganyar –  Team Dalwaslat Korem 074 Warastratama Tinjau Latihan Menembak Kodim 0727 Karanganyar Kodim Karanganyar  –  Team D...