Semangat Persit Kodim 0727/Karanganyar Belajar Membatik


Karanganyar - Untuk melestarikan kearifan budaya lokal Ny. Putri Muchtar ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVIII Kodim 0727/Karanganyar bersama dengan Ibu-ibu pengurus belajar membatik. Ada beberapa macam cara membatik, diantaranya dengan cap dan tulis. Yang dipelajari Ibu-ibu Persit Karanganyar ini adalah batik tulis, kegiatan ini dilaksanakan di Desa Vokasi Batik Girilayu, Matesih. Senin (01/10/18)

Ibu-ibu Persit (Persatuan Istri Tentara) cukup antusias didalam menerima pelajaran membatik. Tidak cukup sampai disitu saja, Persit juga berpartisipasi ingin menyebar luaskan ciri khas pakaian tradisional batik Girilayu. Karena, Batik Girilayu memiliki ciri khas serta motif yang berbeda dari daerah lain. 

“Batik memang khas dan memiliki nilai seni tersendiri, makanya kita sangat penasaran dan ingin belajar membatik,”ujar Ny. Sutrisno (Ibu Danramil 07/Matesih) sembari mempraktekkan cara membatik dengan memegang canting dan membubuhi malem diatas kain.

Setelah sedikit banyak menerima ilmu cara membatik tulis, diharapkan Ibu-ibu pengurus Persit dapat menularkanya kepada masyarakat. Sehingga, selain ilmu ini berguna untuk diri sendiri juga berguna bagi masyarakat. Dengan demikian, budaya warisan nenek moyang kita khususnya di bidang batik akan tetap selalu terjaga,"terang Ny. Putri.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Komentar