Rabu, 31 Oktober 2018

Apel Gelar Pasukan Operasi Candi 2018


Karanganyar - Dalam rangka penegakan hukum dan peningkatan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Polres Karanganyar bersama dengan Kodim 0727/Karanganyar melaksanakan Apel gelar pasukan operasi candi 2018 di lapangan Polres Karanganyar. Selasa (30/10)

Apel gelar pasukan kali ini, mengusung tema tentang "Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan". AKBP Henik maryanto S.I.K M.Si Kapolres Karanganyar bertindak sebagai Irup.

Dalam kesempatan itu Kapolres mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2018 yang akan digelar mulai tanggal 30 Oktober s/d 12 Nopember 2018 di seluruh Polda, Khusus Polda NTB dan Polda Sulteng tetap melaksanakan Oprasi Zebra namun dengan cara bertindak Simpatik.

Gelar pasukan ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan Oprasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan sasaran yang telah di tentukan.

Data jumlah kecelakaan tahun 2017 sebanyak 2.097 kejadian dan mengalami penurunan sebanyak 41 % apabila dibandingkan tahun 2016 sebanyak 2.960 kejadian. 

Jumlah korban meninggal tahun 2017 sebanyak 388 Orang mengalami penurunan sebanyak 261 Orang atau turun 67% dibandingkan priode tahun 2016 sebanyak 649 Orang.

Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2017 tentang keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan antara lain : 

1. Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas.
2. Meningkatkan kualitas dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.
3. Membangun budaya tertib berlalu lintas.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan ke pada publik.

Program Prioritas Kapolri yang disebut Program Promoter (Profesional, Modrn dan Terpercaya) Operasi ini dilaksanakan juga sebagai upaya cipta kondisi oprasi lilin tahun 2018 dalam pengamanan Natal dan tahun baru 2019. Akhir dari amanat ini saya menyampaikan penekanan dan arahan untuk pedoman dalam pelaksanaan tugas yaitu :

1. Pelihara dan jaga kesehatan saudara.
2. Utamakan keselamatan dalam setiap pergerakan dan kegiatan.
3. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
4. Kepada para atasan pada semua level, agar melaksankan pengawasan secara berlapis.
5. Perlu disadari, bahwa pelaksanaan oprasi kepolisian saat ini berada pada rentang waktu pentahapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD,  DPR Provinsi dan kabupaten Kota.
6. Memberitahukan kepada semua elemen masyarakat.
7. Dalam pelaksanaan tugas oprasi agar melibatkan POM TNI.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang

KodimKaranganyar - Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang KodimKaranganya...