Persit Kodim 0727 Karanganyar Meriahkan Hari Batik Nasional


Karanganyar - Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, diperingati dengan beragam cara untuk meningkatkan minat masyarakat agar berperan serta  mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia kepada dunia.

Seperti rombongan ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana dari berbagai wilayah di Solo Raya, memperingati hari batik dengan belajar membatik di salah satu pabrik batik terkenal di Solo. Berbalut seragam hijau tosca mereka terlihat semangat untuk belajar membatik.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVIII Kodim Karanganyar, Putri Muchtar bersama rombongan, terlihat begitu antusias dan bersemangat saat  membuat pola batik di atas kain mori bermotif dengan menggunakan canting berisi 'malam' (lilin untuk batik) yang dicairkan.

Saat membatik, ungkap Putri Muchtar hal tersulit yang dirasakannya adalah saat mencanting. Ternyata lebih sulit dibanding batik cetak pada umumnya. Harus ekstra hati-hati untuk menggoreskannya di media kain.

"Meskipun sudah ada motifnya ternyata membatik dengan canting tetap tidak mudah. Bagi saya susah sekali, perlu kesabaran dan ketekunan," jelas Putri Muchtar, Selasa (2/10/2018).

Istri orang nomor satu di Kodim Karanganyar ini sampaikan seluruh anggota Persit Kartika Candra Cabang XLVIII khususnya selalu berupaya ikut melestarikan keindahan nusantara, dalam seni membatik salah satunya.

Menurutnya anggota Persit Kartika Candra Karanganyar juga sering mengikuti kegiatan belajar membatik di seputar wilayah Karanganyar, di Matesih.

"Di Matesih ada kerajinan batik tulis. Disana pengurus Persit Kartika Candra Cabang Cabang XLVIII belajar seni membatik tradisional," tuturnya.

Kegiatan itu bertujuan agar menumbuhkan rasa peduli masyarakat untuk lebih melestarikan batik warisan luhur nenek moyang dan hanya ada satu di dunia, yakni Indonesia.

"Semoga kedepannya batik ini ke depannya tetap menjadi icon nusantara," tutup Putri Muchtar.rmoljateng

(Pendim 0727/Kra)

Komentar