Rabu, 20 Maret 2019

Pengenalan Tugas Bagi Calon Kepala Desa Terpilih Kabupaten Karanganyar


Karanganyar - Orientasi pengenalan tugas bagi calon Kepala Desa terpilih masa jabatan tahun 2019-2025 di kabupaten Karanganyar. Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama S.Sos menghadiri acara tersebut. Kepala Kejaksaan Negeri Suhartoyo memberikan materi Kepemimpinan di depan 145 calon Kepala Desa terpilih di Aula Kantor DPUPR Kabupaten Karanganyar, Senin (18/3/19).

Kepala Kejaksaan Negeri Suhartoyo, SH.,M.Hum., selaku pemateri mengungkapkan bahwa Kepala itu komando, sedangkan Ketua itu koordinator, maka akan berbeda Kepala Kejaksaan Negeri dengan Ketua pengadilan negeri. Ketua Pengadilan Negeri itu tidak memiliki wewenang untuk intervensi kepada majelis hakim yang ditunjuk. Akan tetapi kalau Kepala Kejaksaan Negeri seluruh komponen yang ada, atas perintah Komandonya. Kepala desa mempunyai otoritas untuk mengemban amanah dan pemimpin masyarakat jajaran di wilayahnya.

Saya ada resep yang perlu dipahami bersama, kuncinya cuma tujuh yaitu tertib administrasi, tertib anggaran, tertib peralatan, tertib perkantoran, disiplin kerja, praktek kepegawaian dan tertib moral. Contoh tertib anggaran yaitu segala sesuatu anggaran baik penerimaan dan pengeluaran harus tercatat dengan baik serta tercatat dengan jelas sesuai dengan keadaan yang nyata.

Suhartoyo juga menambahkan Kepala Desa merupakan sebagai seorang pemimpin, jadi seorang pemimpin harus bisa menjadi sumber energi dan kekuatan buat masyarakatnya. Kepala Desa harus bisa menjadi penuntun dan tauladhan bagi warganya. Kepala Desa jangan ingin ditakuti oleh masyarakatnya, akan tetapi harus di segani. Kepala Desa harus selalu mengayomi seluruh warganya, tanpa terkecuali /pandang bulu. Seorang Pemimpin harus selalu rendah hati dan tidak sombong, supaya kita dihormati dan disegani, sehingga apa yang menjadi omongan kita dapat di percaya (dhi ghugu) oleh masyarakat,”terangnya.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...