Sabtu, 16 Maret 2019

Pendataan Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial Wajib Bagi Babinsa


Kodim 0727/Karanganyar- Tugas pokok seorang Babinsa adalah melaksanakan kegiatan kewilayahan guna mewujudkan ketahanan wilayah serta kemanunggalan TNI-Rakyat. Untuk mewujudkan itu, salah satu upayanya dengan mendata kembali wilayah binaan yang meliputi geografi, demografi maupun kondisi sosial. Serma Januar Frediyantono anggota Koramil 04/Jaten, melaksanakan pengumpulan data teritorial di desa Jati, Jumat (15/03).


Serma Januar Frediyantono sebagai Babinsa Desa Jati selalu memperbarui datanya dengan mendatangi kantor balai desa serta koordinasi dengan aparat desa tentang perkembangan situasi dan kondisi wilayah mengingat musim hujan desa Jati rawan Angin Puting Beliung.

Dihadapkan dengan situasi menjelang Pemilu 2019  serta cuaca di wilayah Karanganyar yang tiap hari hujan Serma Januar Frediyantono  selalu mengingatkan kepada perangkat desa agar selalu waspada akan bencana alam terutama di desa Jati yang rawan bencana angin Puting Beliung dan mendata warga yang belum terdaftar di DPT Pemilu Tahun 2019.


Kita antisipasi sejak dini dan selalu saling mengingatkan agar tetap menjaga situasi desa Jati agar tetap kondusif, kita harus waspada di waktu hujan apalagi disertai angin dan tak kalah pentingnya pendataan warga dalam hak pilihnya jangan sampai ada warga yang kehilangan hak pilihnya nanti dalam Pemilu., himbau Serma Fredi.

Sebagai Babinsa harus tau data tentang Gegrafi,  Demografi dan data Kondisi Sosial sehingga apa bila ada perubahan tentang Demografi  yang menyangkut data kependudukan Babinsa harus tahu. Seperti data penduduk yang meninggal maupun yg lahir. Serta data Geografi berapa luas wilayah,  pemukiman,  pertanian dan seterusnya.

Danramil   04/Jaten Kapten Kav Dwi Wahyu Cahyono memerintahkan semua Babinsa Koramil 04/Jaten agar selalu aktif ke desa binaannya. Para Babinsa jangan pernah jemu memantau wialyah binaannya, itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya, monitor setiap perkembangan dan segera laporkan”,Ucap Danramil.

(04-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...