Selasa, 19 Maret 2019

Dandim Karanganyar Berikan Bekal Kepemimpinan Calon Kepala Desa Terpilih


Karanganyar – Dalam acara orientasi pengenalan tugas bagi calon Kepala Desa terpilih masa jabatan tahun 2019-2025 di kabupaten Karanganyar yang diselenggarakan oleh Kepala Bagian Pemerintahan Desa Timotius Suryadi,S.sos., M.si. Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama S.Sos memberikan materi Dasar-dasar kepemimpinan dihadapan calon Kepala Desa. Materi tersebut akan dijadikan sebagai bekal calon Kepala Desa terpilih di dalam memimpin warganya. Ada sebanyak 145 calon Kepala Desa yang mengikuti kegiatan tersebut, di Aula Kantor DPUPR Kabupaten Karanganyar. Senin (18/3)

Dandim mengungkapkan, seorang Kepala Desa harus tahu tentang arti sebuah
kepemimpinan. Kepemimpinan adalah seni dan kecakapan dalam mempengaruhi serta membimbing orang bawahan, sehingga dari pihak yang dipimpin timbul kemamuan dan kepercayaan. Kepempimpinan sendiri ada macam-macam jenisnya, diantaranya kepemimpinan paternalistik, pola kepemimpinan ini banyak terdapat di Negara Asia, termasuk pula di Indonesia.

Disamping itu seorang Kepala Desa harus selalu menanamkan sikap seorang pemimpin di dalam dirinya. Sifat seorang pemimpin diantaranya harus jujur (Berwatak terang-terangan benar-benar dapat dipercaya dan jujur), Berpengetahuan (Mempunyai pengetahuan yang luas), Berani (Suatu tingkatan mental yang mengakui kekuatan terhadap bahaya atau celaan-celaan akan timbul, tetapi memungkinkan seseorang menghadapinya dengan tenang dan keteguhan hati), Tegas (Mampu mengambil keputusan dengan tepat), Adil (Tidak berat sebelah dan teguh melaksanakan kememimpinan), Antusias (Menunjukkan minat dengan kegembiraan dan semangat dalam melaksanakan kewajiban), dan seorang pemimpin harus mempunyai sifat berwibwa dan setia.

Andi juga menambahkan, seorang Kepala Desa harus mengetahui ajaran falsafah Jawa yang harus dihindari oleh seorang Pemimpin, diantaranya: Adigang (Sombong mementingkan diri sendiri), Adigung (Mengandalkan pangkat, kedudukan, kejayaan dan statusnya), Adiguna (Menyombongkan kepandaiannya, titelnya dan statusnya), Lonyo (Pendiriannya selalu berubah tidak bisa dipercaya kata-katanya), Genje (Tidak setia sering berpindah pekerjaan tak punya kejuangan), Abuntut (Bermuka dua, dimuka baik dibelakang memusuhi), Nyumur (Tak dapat menyimpan rahasia) Drengki (Suka memfitnah orang lain, tak suka kawan beruntung, jahil, tak senang kawanya bahagia memperoleh kesuksesan),”terang Dandim.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...