Senin, 18 Maret 2019

Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat Bencana Wilayah Koramil 09/Ngargoyoso


Kodim 0727/Karanganyar - Kesiapsiagaan dan Tanggap darurat bencana seluruh Koramil 09/Ngargoyoso adalah merupakan suatu hal yang melekat di hati setiap prajurit kewilayahan. Apalagi kita di Kec. Ngargoyoso yang letak Geografi, Demografi dan Kondisi sosialnya di bawah lereng gunung Lawu ditambah keadaan iklim/cuaca yang saat ini tidak bisa di predeksi. Maka kita sebagai TNI -AD  di kewilayahan harus tanggap, tanggon dan trengginas pada setiap hal apapun dalam pemantauan desa binaanya. Hal tersebut tidak bosan - bosanya di sampaikan dalam setiap Apel oleh Komandan Koramil 09/Ngargoyoso Kapten Arh Heru Nugroho. Minggu (17/3)


Pada kesempatan tersebut anggota Koramil Ngargoyoso melaksanakan karya bhakti bersama Polsek, BPBD dan Relawan serta Warga masyarakat saling bahu membahu, sayuk rukun bergotong royong mengatasi kerusakan akibat diterjang Angin Puting Beliung di wilayah desa Girimulyo Ngargoyoso Karanganyar kemarin.   


Bencana alam angin puting beliung di sertai hujan yang terjadi di wilayah Ngargoyoso sangatlah cepat, terjadi pada hari Sabtu 16 Maret 2019 sekitar pukul 15.30 wib yang mengakibatkan banyak pohon tumbang, dan ada 17 rumah warga yang atapnya rusak diantaranya dukuh Sepapringan, dukuh Ngringin, dukuh Salam, dusun Plawan, desa Girimulyo yang terkena dampak angin puting beliung dan dapat ditafsirkan kerugianya materiil kurang lebih 20 juta rupiah, sedangkan kerugian personil nihil.


Dari keterangan saksi bapak Margono (40) dengan kerugian seng 26 lembar, genting 150 buah, dia menuturkan bahwa angin sangatlah cepat berputar putar disekitar rumahnya sekitar 10 menit dengan keadaan gelap dan disertai hujan. Sehingga atap rumah saya terkena angin puting beliung dan banyak pepohonan sekitar rumah saya yang tumbang. Kami beserta keluarga berlindung ke tempat yang aman dan tempat seadanya serta selalu berdoa, karena sudah tidak tahu harus berbuat apa melihat angin berputar begitu kencang,"ungkanya dengan gemetar.


Setelah Babinsa Girimulyo Serma Sukamto mendapat kabar dari kepala dusun dan kabar dari warga binaanya, dengan sigap langsung mengecek lokasi mendata rumah yang rusak dan melaporkan ke Komado atas, mengajak masyarakat untuk memotong/menyingkirkan pohon - pohon yang tumbang menghalangi jalan dusun dan pohon nyang menimpa saluran air warga, agar bisa aktifitas kembali serta menutup atap rumah dengan alat seadanya, dikarenakan waktu sudah menginjak malam.


Dalam pelaksanaan karya bhakti kami dari anggota Koramil 09/Ngargoyoso terfokus pada pemotongan kayu yang menutup akses ruas jalan dusun, pohon yang menimpa saluran air warga dan perbaikan atap rumah yang disapu angin puting beliung.
Walaupun dalam keadaan tertimpa musibah angin puting beliung, warga masyarakat masih nampak sangat semangat bahu membahu bersama - sama dengan TNI, Polri, BPBD serta Relawan melaksanakan karya bhakti ditempat warga yang terkena musibah.


Kepala Desa Girimulyo bapak Suparno mengucapakan banyak terima kasih kepada Koramil 09/Ngargoyoso, Polsek Ngargoyoso,  BPBD Karanganyar serta Relawan atas bantuanya. Sehingga keadaan yang sangat memprihatinkan  dikarenakan bencana alam ini dengan cepat bisa diatasi dengan sayuk rukun bergotong royong bersama. Kepala Desa juga merasa bersyukur dan senang, karena tidak ada korban jiwa ataupun warga yang luka - luka akibat bencana kemarin.


(09-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Anggota Koramil Tawangmangu Melaksanakan Komsos Di Wisata Grojogan Sewu

KARANGANYAR — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar Serka Parno bersama Serda Anang melaksanakan Komu...