Sabtu, 18 Agustus 2018

Danramil 03 Kebakkramat Jadi Komandan Upacara HUT ke 73 RI


Karanganyar – Momentun Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, diperingati oleh Bangsa Indonesia dengan penuh suka cita, berbagai perayaan kegiatan menyemarakkan HUT RI digelar.

Puncaknya adalah upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Tanggal 17 Agustus, diberbagai daerah di seluruh tanah air digelar secara serempak tepat pada pukul 10.00 WIB secara khidmat, tak terkecuali di Kabupaten Karanganyar.

Yang menarik perhatian dalam pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI adalah selain petugas Pengibar Bendera (Paskibraka), sosok Komandan Upacara juga tak luput dari sorot mata peserta upacara. Karena sukses dan tidaknya kelangsungan upacara tergantung kesigapan seorang Komandan.

Di Kabupaten Karanganyar prajurit TNI dan Polri biasanya silih berganti menjadi Komandan Upacara. Jika personil TNI menjadi Komandan Upacara detik-detik Proklamasi, maka bagian Personil Polri menjadi Komandan Upacara pada saat upacara penurunan bendera yang berlangsung sore hari, dan begitu sebaliknya setiap tahun.

Upacara detik detik Proklamasi tingkat Kabupaten Karanganyar, seperti biasa akan berlangsung di alun - alun Kabupaten Karanganyar. Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara detik detik Proklamasi tahun ini adalah Kapten Suryanto Danramil 03 Keabakkramat. Jum’at (17/8)

Perwira TNI yang keseharian bertugas sebagai  Komandan Koramil ternyata bukan kali pertama dipercayai sebagai Komandan Upacara dalam peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Namun Beliau sudah empat kali berturut - turut mulai tahun 2015 sampai dengan 2018, ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi Danramil tersebut.

Tentu pengalaman sebagai Komandan Upacara menurutnya, merupakan pengalaman berharga selama menjalani karier sebagai prajurit TNI, karena ternyata tidak semua prajurit punya kesempatan dapat tugas tersebut.

“Untuk bisa terpilih sebagai Komandan Upacara yang pertama dilihat adalah tentu sikap, kemudian kesigapan, kecakapan dan ketegasan dalam mengeluarkan suara dan berkomunikasi,”ungkapnya.

Dari sekian kali dipercaya sebagai Komandan Upacara di alun - alun Kabupaten Karanganyar ini, dikatakan Kapten Suryanto tidak ada satupun yang dirasakan berbeda. Semuanya dianggap paling khidmat. Karena bertugas dengan penuh tanggung jawab, maka dalam bertugas harus selalu tegap meski kadang kala ada semut sekalipun menggerogoti tubuh dan kaki.

“Ya kadangkala ada semut menempel ditubuh itu yang gak enak, tapi bagaimana lagi kita dituntut untuk selalu tegap dan sigap,“tutupnya saat menceritakan pengalaman sebagai Komandan Upacara.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...