Senin, 31 Juli 2017

Launching Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan 2017-2018 Kabupaten Karanganyar


Karanganyar - Polres Karanganyar gelar "Launching Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan 2017 - 2018 Kabupaten Karanganyar. Minggu (30/7)

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Czi Santy Karsa Tarigan SE, beserta anggota Kodim 0727/Karanganyar menghadiri Launching Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan 2017 - 2018 Kabupaten Karanganyar di Polres Karanganyar.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak menyampaikan, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmad dan ridho-Nya, pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan Launching Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan 2017 - 2018.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hasil riset badan jesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa angka kematihan akibat kecelakaan di dunia cukup tinggi sebanyak 1,24 juta jiwa meninggal setiap tahunya dan angka ini mengalahkan angka kematian yang di sebabkan oleh penyakit-penyakit tidak menular yang ada di negara-negara berkembang. Selain itu, kecelakaan juga banyak menyebabkan korbanya menderita cacat seumur hidupnya, sehingga menimbulkan penurunan tingkat produktifitas kerja, yang akan mengakibatkan angka pengangguran yang tinggi dan lebih jauh lagi menyebapkan kemiskinan.

Maka dari itu penting arti sebuah keselamatan mengingat perkembangan dilingkungan strategis negara dengan situasi keselamatan dijalan cukup buruk, yang mana hasil riset WHO Indonesia menduduki urutan kelima di dunia angka kematian akibat kecelakaan cukup tinggi maka dengan mengacu pada resolusi PBB Pemerintah mengeluarkan Inpres No 4 tahun 2013 tentang Dekade aksi keselamatan jalan. Yang didalamnya memerintahkan kepada 5 (lima) Kementerian/Lembaga sebagai koordinator di bidang keselamatan karena masalah lalu lintas tidak bisa dibebani oleh satu instansi saja harus bersama-sama.

Adapun lima kementerian tersebut lebih dikenal dengan lima pilar yaitu Pilar pertama manejemen keselamatan jalan dimana yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah mentri perencanaan pembangunan naaional. Pilar kedua jalan yang berkeselamatan yang bertanggung jawab adalah Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan rakyat. Pilar yang ketiga kendaraan yang berkeselamatan yang bertanggung jawab adalah Menteri Perhubungan. Pilar keempat adalah perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan yang bertanggung jawab adalah Polri, Dan pilar kelima penanganan pra dan pasca kecelakaan yang bertanggung jawab adalah Menteri Kesehatan.

Dalam upaya meningkatkan keselamatan keamanan dan kesadaran dalam meningkatkan tingkat keselamatan dan keamanan serta tranportasi salah satunya adalah dengan meningkatkan kerja sama dengan para pemangku kepentigan yaitu kelima pilar ini dengan melakukan pencanangan (Launching) tahun keselamatan untuk kemanusiaan ini fokusnya adalah Empowering / penguatan dan pemberdayaan dari kelima pilar yang dapat diimplementasikan dengan baik dan benar melalui program-program yang menjadi prioritas utama di masing-masing Kementerian/lembaga dengan Launching ini, diharapkan target pemerintah dengan Zero Accident dan menurunnya fatalitas korban kecelakaan sampai dengan 50% dapat tercapai dan tidak terjadi lagi kejadian-kejadian kecelakaan yang menimbulkan kematian yang cukup banyak. Beberapa kali terjadi akhir-akhir ini dan menjadi perhatian publik sesuai dengan logo yang mengandung arti lima jari mempunyai arti lima pilar. Selain itu dapat berarti Stop atau hentikan pelanggaran lalu lintas.(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...