Selasa, 04 Juli 2017

Bupati Karanganyar Buka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2017 Kodim 0727/Karanganyar



Karanganyar, Pembangunan jalan betonisasi jalur penghubung antara Dusun Tegalsari ke Dusun Sumbersari, Trengguli, Jenawi, Karanganyar. Jalur sepanjang kurang lebih 700 meter akhirnya dibangun. Pembangunan jalan betonisasi tersebut dilaksanakan dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2017, yang berada di wilayah Kodim 0727/Karanganyar. Program TMMD dibuka langsung oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono, di lapangan Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, Senin (4/7).

Kepala Desa Trengguli, Suharto saat ditemui sejumlah wartawan mengungkapkan, rencana pembangunan jalan betonisasi tersebut bakal dilakukan dengan menggunakan Dana Desa atau Angaran Dana Desa. Namun anggaran tersebut tidak cukup, kemudian dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) 2016 lalu, pembangunan betonisasi jalan tersebut diusulkan kedalam Program TMMD, alhasil pada tahun 2017, dapat dilaksanakan.

“Kemarin memang rencananya dengan menggunakan dana desa mas, tetapi karena tidak cukup kemudian kami usulkan ke TMMD, alkhamdulillah tahun ini dapat terealisasi. Jika nanti pembangunan tersebut rampung, warga bisa menghemat jarak tempuh 1 Km untuk bisa menuju ke desa Tegalsari ke Sumbersari, karena sebelumnya jalan tersebut hanya jalan tanah saja,” terang Suharto.

Disisi lain, dalam laporannya Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Czi Santy Karsa Tarigan dalam laporannya yang dibacakan langsung oleh Perwira Seksi Teritorial Kapten Sutatna, mengatakan dalam program TMMD Sengkuyung Thaap II tahun 2017 tersebut, tidak hanya membangun Cor makadam jalan penghubung antara Dusun Tegalsari ke Dusun Sumbersari, sepanjang kurang lebih 700 meter. Namun dalam program yang dijadwalkan setiap tahunnya yang dilaksanakan dua kali tersebut, juga membangun talud jalan sepanajng 283 meter, dan Pembangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 10 unit.

“Itu sasaran fisiknya mas, kalau sasarn non fisiknya yakni diantaranya pembekalan PPBN, Wasbang, Kebhinekaan Tunggal ika kepada masayrakat, kemudian sosialisasi tentang bahaya narkoba, kenakalan remaja, kamtibmas, bahaya radikalisasi, terorisme, sertifikasi tanah, metode pertanian, undang-undang pemerintah desa dan pelayanan kesehatan yakni KB dan Kesejahteraan Keluarga,” tutup Tatna.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam sambutannya yang dibacakan langsung oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono mengungkapkan, dengan adanya program TMMD tersebut diharapakan agar masyarakat di wilayah Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Karanganyar dapat meningkatkan kualitas kehidupannya.

“TMMD ini bukan semata-mata untuk membangun sarana fisik saja, akan tetapi, masyarakat diharapkan dapat mengelola menghadapi semua ancaman dari luar, tentunya untuk keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Serta mempunyai daya cegah terhadap ancaman-ancaman dari luar wilayah,” ujar Bupati.(Pendim 0727/Kra)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Anggota Koramil Tawangmangu Melaksanakan Komsos Di Wisata Grojogan Sewu

KARANGANYAR — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar Serka Parno bersama Serda Anang melaksanakan Komu...