Kamis, 17 Agustus 2017

Drama Kolosal Warnai Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia Kabupaten Karanganyar


Karanganyar - Drama Kolosal warnai Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, Drama Kolosal tersebut mengambil tema "Joko Songo". Kamis (17 Agustus 2017)
Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-72 anggota Kodim 0727/Karanganyar, ikut memerankan drama kolosal yang bertemakan Joko Songo. Pahlawan dari para Tentara Pelajar (TP) yang tergabung di Laskar/Pasukan Alap-alap yang gugur melawan penjajahan Belanda tahun 1948.
Laskar/Pasukan Alap-alap tersebar disekitar Solo, untuk melawan Belanda yang berada di wilayah timur keberadaan pasukan tersebut terpusat di Matesih, Karangpandan serta Tawangmangu.
Drama Kolosal ini untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran Tentara Pelajar tersebut ada sembilan orang diantaranya; Sdr. Soenarto putra dari Bapak Martoyono Kepala Pasar Matesih, Sdr. Waluyo putra dari Bapak Lurah Pablengan, Laktoto, Moerjoto, Slameto, Roesman, Soekoto, Soepriyadi, Salam Hasyim.
Kenapa dinamakan Joko Songo? Karena dalam gugurnya Tentara Pelajar tersebut semuanya masih jejaka jadi dinamakan “Joko Songo”. Joko itu yang artinya Perjaka kalu Songo itu sembilan jadi Joko Songo adalah Sembilan Perjaka yang telah gugur untuk melawan penjajahan dari tentara Belanda.(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...