Rabu, 10 Mei 2017

Babinsa Melaksanakan Pengamanan Pengajian Akbar Dalam Rangka Ruwahan

Karanganyar, Anggota Koramil 06/Karangpandan Kodim 0727/Karanganyar, melaksanakan Pengamanan Pengajian Akbar dalam ragka Ruwahan di Desa Harjosari Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar.(Selasa, Mei 2017)


Ruwahan berasal dari kata Ruwah yang berarti arwah atau roh. Ruwah dijadikan sebagai bulan untuk mengenang leluhur untuk mendoakan arwah mereka. Di Jawa tradisi Ruwahan biasanya digelar 10 hari menjelang Ramadhan, namun pada umumnya dilaksanakan lebih awal karena untuk menghindari hari penyelenggraan. Secara umum ritual Ruwahan di jawa di mulai dari kenduri, doa bersama, hingga besrik (membersihkan )makam yang dipuncaki nyadran (berziarah). Bahkan sebagaian masyarakat Jawa pada pertengahan bulan syaban bersedekah dengan menyajikan panganan atau makanan khusus, yaitu kolak pisang, apem dan ketan.
 
Makna yang tersirat dan hikmah yang terkandung dari pemberian sedekah tersebut adalah pihak yang menerima yang diharapkan ikut mendoakan arwah para leluhur dari siempunya atau yang punya hajat, atau bagi pihak yang memberi sedekah itu. Sebagai penceramah  KH. Agus Ali Sadikin (Gus Ali Gondrong). Hadir dalam acara tersebut Bapak Gubernur Jawa Tengah H Ganjar pranowo, Anggota DPRD Kabupaten Karanganyar, Bupati Karanganyar, Muspika Karangpandan dan warga Kecamatan Karangpandan kurang lebih 2000 orang.(Pendim 0727/Karanganyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...