Selasa, 04 Juni 2019

Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila


Sebagai wujud cinta kita kepada Tanah-Air Bangsa Indonesia serta untuk mengenang jasa-jasa Para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Kodim 0727/Karanganyar melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila. Yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Staf Kodim Mayor Inf Suwarko. Upacara kali ini mengusung tema " Kita Indonesia, Kita Pancasila ". Sabtu (1/6)

Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan semakin memperkokoh konsep dan keyakinan akan "tanah air Indonesia".

Kesatuan gugusan pulau yang berada diantara dua samudra Pasifik dan Hindia, serta diantara dua benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagai mana dalam konsep wawasan Nusantara, di wilayah Nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam.

Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dan keindonesiaan. Demikian pula secara astropolis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman.

“Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada Tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...