Senin, 03 Juni 2019

Babinsa Desa Ngijo Laksanakan Pendampingan Pertanian Dalam Penyiangan Rumput


Pendampingan ketahanan pangan masih terus berlangsung di wilayah Koramil Jajaran Kodim 0727/Karanganyar. Seperti Babinsa Desa Ngijo Koramil 02/Tasikmadu Serka Samidi yang mendampingi penyiangan tanaman padi dari gulma dan rumput liar di lahan sawah Bapak Yanto Dusun Ngijo Kulon, Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Kamis (31/5)

Di areal persawahan seluas 4.550 m milik bapak Yanto yang ditanami padi jenis Mikongga, pendampingan dilakukan Serka Samidi dengan turun langsung ke sawah bersama petani membersihkan gulma dan rumput/tumbuhan liar.

Penyiangan merupakan bagian dari perawatan tanaman padi berupa mencabut gulma atau rumput/tumbuhan liar yang terdapat di antara tanaman padi, sekaligus menggemburkan tanah. Penyiangan ini dapat dilakukan secara manual dengan mencabut langsung menggunakan tangan, secara kimiawi dengan herbisida dan secara mekanis dengan menggunakan mesin.

Serka Samidi menuturkan, pembersihan gulma ini dilakukan secara berkala ketika padi berumur 21 hari dan 41 hari atau dalam kondisi tertentu bila gulma banyak tumbuh di sekitar tanaman padi. Sehingga tidak mengganggu tanaman utama dalam menyerap unsur hara, air dan cahaya.

Gulma atau tumbuhan liar yang ada pada tanaman pertanian harus dibersihkan, karena akan menghambat pertumbuhan tanaman utama yang berdampak pada pencapaian produksi,”terangnya.

(02-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...