Selasa, 18 Juni 2019

Dengan Wasbang Babinsa Bangun Generasi Muda Sejak Dini

Kodim Karanganyar - Babinsa Sidomukti Koramil 10/Jenawi Serda Sutrisno memberikan wawasan kebangsaan kepada murid SDN 1 Sidomukti Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Jumat (14/6/2019)

“Pemberian wawasan kebangsaan tersebut disesuaikan usia para murid yang masih usia dini. Harapannya mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat,” ujar Sutrisno.

Dikatakan Babinsa, pemberian materi hanya memberikan dasar-dasar pengetahuan wawasan kebangsaan, seperti materi tentang Pancasila, agar mudah dicerna dan di pahami. Selain memberikan materi tentang Pancasila, Babinsa juga mengajarkan tentang kedisiplinan, kekompakan dan kebersamaan.

Menurutnya, SD merupakan jenjang pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. “Pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarnai perjalanan hidupnya, untuk meraih cita-citanya dimasa yang akan datang,” ujarnya.

“Kita berikan materi ini sebagai pengetahuan dan wawasan para murid, agar kelak mereka dapat menjadi generasi muda yang handal dan yang dapat dibanggakan bagi orang tua, masyarakat, bangsa dan negara. Karena merekalah, calon-calon pemimpin masa depan bangsa,”katanya.

Sementara itu, Guru SDN 1 Sidomukti berharap dengan diberikannya wawasan kebangsaan kepada muridnya, akan menumbuhkan rasa bela negara, rasa cinta tanah air, dan berwawasan kebangsaan. Harapannya kelak dapat menjadi generasi muda bangsa yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Semoga tambahan ilmu pengetahuan yang diberikan ini, dapat untuk menambah bekal ilmu dan wawasan yang berguna serta bermanfaat di kemudian hari. Ini penting sekali sebagai bekal tingkat dasar bagi anak anak kami, agar mereka menjadi generasi muda bangsa yang dapat dibanggakan kita semua.

(10-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...