Ziarah Panglima TNI ke AGB

Karanganyar - Menyambut HUT ke-73 TNI, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan para kepala staf melakukan ziarah ke makam-makam bapak bangsa. Hari ini, mereka berziarah ke makam Presiden kedua RI, Jenderal Besar Soeharto.

Panglima Hadi tiba di makam Soeharto di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, pukul 09.00 WIB. Mengenakan seragam biru TNI AU, mantan Danlanud Adi Soemarmo Solo itu datang bersama rombongan pejabat TNI.

Tampak bersama Panglima, KASAD Jenderal Mulyono, KASAU Marsekal Yuyu Sutisna dan KASAL Laksamana Siwi Sukma Aji,  Kapolda Jawa Tengah, Irjen (Pol) Condro Kirono.

Setibanya di Giribangun, Panglima menyalami jajaran yang melakukan penyambutan termasuk Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. Panglima kemudian langsung masuk ke makam Soeharto dan melangsungkan upacara ziarah.

Upacara ziarah dilakukan dengan tabur bunga dan pembacaan doa-doa. Setelah 30 menit, Panglima dan jajaran meninggalkan lokasi menuju Yogyakarta ke makam Jenderal Soedirman.

Hari sebelumnya, Panglima beserta jajarannya telah melakukan ziarah ke dua lokasi, yakni di makam Presiden pertama RI Soekarno di Blitar dan makam Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid di Jombang.

Sebelum meninggalkan lokasi, Marsekal Hadi menyampaikan kegiatan ini merupakan tradisi TNI menjelang peringatan hari ulang tahun. Kegiatan selalu diisi dengan ziarah ke makam tokoh-tokoh bangsa.

"Ini supaya generasi penerus, terutama kita generasi milenial agar terus menghargai nilai-nilai yang sudah ditanamkan para tokoh untuk tetap menjaga keutuhan NKRI," ujar Hadi.

(Pendim 0727/Kra)

Komentar