Kamis, 27 September 2018

Melalui Wawasan Kebangsaan Kita Bangun Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Kerangka NKRI yang Berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945


Karanganyar - "Melalui Wawasan Kebangsaan Kita Bangun Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Kerangka NKRI yang Berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945". Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. turut hadir dalam acara Wawasan Kebangsaan TNI Tahun 2018 di aula Makorem 074/Warastratama Surakarta. Rabu (26/9)

Amanat Asisten Teritorial Panglima TNI yang di sampaikan oleh Kolonel Kav Harfudin Daing ,S. E.,M.M yang menjabat sebagai Paban III/Tahwil TNI, bahwa kegiatan wawasan kebangsaan TNI TA. 2018 bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang kuat tentang nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila, serta implementasinya pada kehidupan sehari - hari agar generasi muda Indonesia memiliki wawasan kebangsaan yang kokoh serta berkarakter.

“Generasi muda Indonesia harus memiliki karakter yang kuat sebagaimana yang terkandung dalam nilai - nilai Pancasila dan UUD 1945. Generasi muda bangsa harus memelihara semangat persatuan dan kesatuan, serta nilai juang dan daya saing yang tinggi seiring perkembangan tehnologi dewasa ini.

Peran generasi muda Indonesia di tuntut untuk terus memperkokoh semangat kejuangan dalam membangun bangsa Indonesia. Saat ini dan kedepannya ancaman bangsa Indonesia sudah memasuki sendi - sendi kehidupan berbangsa dan berbegara, ancaman tersebut di sebut "PROXY WARD" yang mana salah satu sasarannya adalah penghancuran terhadap generasi muda Bangsa Indonesia, indikasi yang terlihat antara lain:

a.   Maraknya benturan antar pelajar dengan pelajar, pelajar dengan masyarakat dan lain - lain yang sulit dihentikan.

b.   Berkembangnya isu - isu global yang seakan - akan tidak ada hentinya seperti isu HAM, TERORISME, NARKOBA dan lingkungan hidup.

Generasi muda harus mempersiapkan diri sebagai generasi penerus dan generasi pejuang, yang tidak hanya dituntut untuk terampil cerdas dan kompetitif semata. Namun dituntut pula untuk memiliki mental ideologi yang kuat, berakhlak mulia, berjiwa nasionalisme dan patriotisme, cinta tanah air, berwawasan kebangsaan serta mewarisi semangat dan keteladanan sebagaimana terkandung pada nilai - nilai Pancasila dan UUD 1945.

Kita harus selalu waspada bahwa negara yang lemah dan lengah akan menjadi peluang masuknya segala bentuk ancaman, baik dari dalam maupun dari luar yang dapat mengancam kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Diharapkan para generasi muda bangsa agar dapat terus berjuang dan berkarya menjadi generasi bangsa yang dapat diandalkan serta penerus cita - cita para pahlawan bangsa,”pungkas Paban III/Tahwil TNI.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Wujudkan Pembentukan Sikap Anak Bangsa

Kodim Karanganyar - Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggun...