Ketua Persit KCK Cabang XLVIII Kodim Karanganyar HAdiri Kirab Malam Satu Suro di Mangkunegaran


Karanganyar - Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVIII Kodim 0727/Karanganyar Ny. Putri Muchtar mendampingi Ny. Lir Wuryanto ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Dip dalam acara Kirab Malam Satu Suro di Mangkunegaran. Senin (09/9)

Pura Mangkunegaran Solo menggelar kirab budaya untuk menyambut malam 1 Suro yang juga bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H.

Kirab dilaksanakan dengan berjalan tanpa alas kaki mengelilingi bangunan Pura Mangkuneragan. Kirab kemudian akan dilanjutkan dengan prosesi semedi atau berdiam diri sejenak selama sekitar satu jam yang akan dilakukan mulai pukul 00.00 Senin malam.

Prosesi tersebut dilakukan dengan tujuan mengingat Tuhan Yang Maha Esa untuk menyambut datangnya Tahun Baru Islam. Kirab 1 Suro Malam Nanti, Pura Mangkunegaran Solo Undang Tiga Menteri Joko Pramudya, humas pura Mangkunegaran Solo mengatakan prosesi tersebut dapat diikuti oleh masyarakat umum.

"Nanti tengah malam jam 00.00 WIB ada semedi di dalem ageng selama 1 jam jam 00-01 lampu nanti dimatikan semuanya. Prosesi itu bisa diikuti oleh siapa saja, oleh masyarakat umum dari lapisan apa saja,"terang Joko.

Hanya saja Joko meminta kepada masyarakat yang ingin mengikuti agar memperhatikan busana yang dikenakan. Busana yang dipakai tidak boleh sembarangan. Masyarakat diminta untuk memakai busana adat Jawa.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Komentar