Jumat, 09 Juni 2017

Paparan Dandim Kepada Tim Sergab Mabesad

Karanganyar, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Czi Santy Karsa Tarigan SE paparan kepada Tim Sergab dari Mabesad di Ruang Data Makodim 0727/Karanganyar.(Kamis, 08 Juni 2017 Kopda Tri Pendim 0727/Kra)

Paparan tersebut terkait situasi dan kondisi serapan gabah petani di wilayah Kabupaten Karanganyar.
Pada kesempatan tersebut Dandim menyampaikan kendala tentang serapan gabah petani di wilayah Kabupaten Karanganyar adalah banyaknya petani yang lebih memilih menjual gabahnya kepada tengkulak. Dikarenakan mereka tidak ingin ribet dengan proses/prosedur dari Bulog, banyak petani yang sudah meminjam uang kepada tengkulak sebelum padinya memasuki masa panen. Dalam hal ini, tengkulak mau meminjami uang dengan catatan hasil panen gabahnya dijual kepada mereka. Banyaknya tengkulak yang hidup diantara kelompok tani, ada juga tengkulak yang tergabung dalam kelompok tani. Harga beli tengkulak lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli dari Bulog.

Untuk persoalan luas tambah tanam diakibatkan oleh terbatasnya tenaga kerja tanam padi, karena generasi muda kita saat ini, lebih memilih bekerja di pabrik dibandingkan bekerja sebagai tenaga kerja tanam padi (petani). Kesuburan lahan pertanian kita berkurang, hal ini disebabkan oleh para petani yang menggunakan pestisida secara berlebihan. Dan sebagian masih ada dari petani kita yang masih membakar bekas jerami disawah, sehingga lahan pertanian kurang subur.

Turut hadir diantaranya Mayor Jenderal TNI Bambang Haryanto (Ketua Tim), Kolonel Inf Parwito (Anggota Tim), Kasiter Korem 074/Wrt Letkol Inf EkoYuniarto, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir.Supramnaryo MM, Kepala Bidang Pertanian dan Pangan Riyanto Sujudi, Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Inf Mantang dan Danramil jajaran Kodim 0727/Karanganyar.
(Pendim 0727/Karanganyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...