Jumat, 02 Juni 2017

Kenalkan Pentingnya Lubang Biopori Sejak Dini

Karanganyar, Danramil 04/Jaten Kodim 0727/Karanganyar Kapten Kav Dwi Wahyu C melaksanakan pembuatan Lubang Biopori di Sekolah Dasar Negri 01 Jaten.(Jumat, 02 Juni 2017 Koramil 04/Jaten)

Lubang Biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air, dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Manfaat dari lubang biopori antara lain sebagai berikut:
1. Memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah.
2. Membuat kompos alami dari sampah organik yang dimasukan kedalam lubang.
3. Mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit.
4. Mengurangi resiko banjir di musim hujan.
5. Maksimalisasi peran dan aktivitas flora dan fauna tanah.
6. Mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor.


Hanya dengan satu lubang kecil mampu membawa manfaat yang sangat besar itulah yang membuat Kapten Kav Dwi Wahyu C memerintahkan semua anggotanya yang menjabat sebagai Babinsa, untuk segera melaksanakan pembuatan lubang biopori dengan mencari lokasi yang tepat. Di desa binaan masing-masing dan segera melaporkan kepada Danramil 04/Jaten untuk segera ditindak lanjuti. Kami sangat senang dengan antusias anak-anak yang telah mengikuti pembuatan lubang biopori di SD N 01/Jaten ini, karena kita harus mengenalkan tentang lubang biopori sejak dini.(Pendim 0727/Karanganyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...