RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PAM "MAY DAY TAHUN 2017" KABUPATEN KARANGANYAR


Karanganyar, Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Czi Santy Karsa Tarigan, S.E yang diwakili Kapten Arm Priyo, menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pam MAY DAY Tahun 2017 di Ruang PPKO Polres Karanganyar. Peringatan May Day di Kabupaten Karanganyar yang akan di isi dengan kegiatan gerak jalan santai oleh Serikat Buruh yang ada di Kabupaten Karanganyar.(Kamis, 27 April 2017)

Rapat Persiapan Pam May Day tahun 2017 di hadiri kurang lebih 50 orang, diantaranya: Kapolres Karanganyar, Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasi dan Perwira Jajaran Polres Karanganyar, Perwakilan Kodim 0727/Karanganyar, Perwakilan Satpol PP Bapak Parman, Perwakilan Dishub Bapak Bambang dan Bapak Priyono, Perwakilan Serikat Buruh, Dwi Maryadi (DPD FKSPN), Nunik H (DPD KSPN), Hariyanto (DPD KSPN),Eko Supriyanto (DPC FKSBK),Bapak Samsuri (DPC Rokok Tembakau Minuman dan Makanan), Danang (DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan).

Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan berhubung dengan adanya kegiatan peringatan May Day, agar diantisipasi oleh Satuan Lalu Lintas mengenai rute yang akan dilalui, jangan sampai menutup jalan. Kalaupun harus menutup jalan agar dipersiapkan sedini mungkin sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena banyaknya peserta makan agar tiap 100 orang peserta ada satu korlap yang diberikan tanda khusus (pita) sehingga tidak ada pihak-pihak yang menunggangi dan bertujuan memperkeruh situasi di lapangan.Di Slawi telah terjadi pembentangan spanduk yang mendiskreditkan pemerintah, untuk itu di Karanganyar perlu diantisipasi apabila ada orang-orang yang memanfaatkan May Day ini, apabila ditemukan segera lakukan konfirmasi kepada pembuat spanduk apakah motivasinya. Penyiapan pengamanan bukan untuk membatasi gerak dan kegiatan peserta, namun untuk mengantisipasi adanya oknum yang memanfaatkan pengerahan massa yang banyak untuk membuat situasi yang kurang kondusif. Apabila ada partisipasi dari buruh untuk ikut pengamanan maka dipersilakan, di lokasi penyobekan tiket agar diantisipasi penumpukan massa di suatu lokasi. Kapolres berterima kasih kepada buruh yang berkomitmen tidak melakukan sweeping, terima kasih juga untuk tidak memakai spanduk yang mendiskreditkan pemerintahan. Terkait dengan titik kumpul ada di Gondangrejo, Kebakkramat dan Jaten agar kepada Back Bond melakukan pengawalan dan wilayah yang tidak ada pengumpulan massa bisa bergabung. Lokasi parkir di sekitaran alun - alun perlu diatur agar nantinya bisa tertib, Peringatan May Day di Kabupaten Karanganyar agar bisa menjadi wisata demokrasi yang enak ditonton. Kepada peserta agar dihimbau tertib berlalu lintas, tidak ada penggunaan knalpot worr, dan tetap gunakan helm bagi pengendara kendaraan bermotor. Agar disosialisasikan melalui media baik cetak maupun elektronik mengenai kegiatan dan pengalihan arus agar masyarakat mengetahui kegiatan dan jalan yang dialihkan, jam 05.30 Wib agar kekuatan pengamanan sudah diapelkan.

Murjioko selaku Ketua SBSI mengatakan dari buruh tetap akan menciptakan situasi yang kondusif, tidak ada sweeping terhadap buruh maupun pabrik yang memasukkan karyawannya. Kegiatan May Day akan dilaksanakan sedamai mungkin karena sifatnya peringatan, sedikit melakukan orasi karena bukan berupa unjuk rasa. Serikat Buruh akan menjamin keamanan dan ketertiban selama memperingati May Day tersebut.(Pendim 0727/Karanganyar)

Komentar