Rabu, 02 Desember 2015

PELATIHAN DAN PENDIDIKAN TEKNIS PENILAIAN KERUSAKAN DAN KERUGIAN PASCA BENCANA DAMAGE AND LOSSES ASSESMENT (DALA) DI AULA APEKA KARANGANYAR



Memasuki musim hujan wilayah Kabupaten Karanganyar sangat rentan akan bencana alam seperti banjir, longsor dan angin puting. Bencana yang hampir rutin di alami warga Karanganyar dikarenakan kondisi wilayah yang terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah. Sedangkan pemukiman warga banyak yang tersebar di wilayah sulit terjangkau kendaraan bermotor terkadang menyuulitkan pengefakuasian saat terjadi bencana alam. Dengan diadakan kegiatan Dala pada hari 19-21 November 2015 diharapkan dapat meminimalisir kerugian yang dialami warga saat musibah terjadi. “ujar Pas Log Ter Dim 0727/Karanganyar Kapten Inf Abdurrohman yang menjadi peserta dalam pelatihan dan Pendidikan Teknis Penilaian Kerusakan dan Kerugian Pasca Bencana Damage And Losses Assesment (DALA) yang bertempat di Aula APEKA Karanganyar. 

Dala adalah sebuah model konseptual yang mencakup stok fisik dan aliran (Flow) yang mengukur kerusakan aset dan perubahan/kerugian dalam aliran ekonomi.untuk penghitungan Dala dengan melakukan kompilasi dan konsultasi dari data dan info kerusakan dan kerugian pada semua sektor. Hal ini sesuai dengan PP 21/2008 PS.56 ayat (2) untuk mempercepat pemulihan kehidupan masyarakat pada wilayah paska bencana menetapkan prioritas dari kegiatan Rehab. Ayat (3) penetapan prioritas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) didasarkan pada analisis kerusakan dan kerugian akibat bencana.



            Lebih lanjut Pasi Log Dim 0727/Karanganyar mengatakan bahwa kegiatan tersebut dijelaskan pula mekanisme ganti rugi pada semua sektor baik fasilitas umum maupun milik perorangan. seperti contohnya kerugian di bidang sector pendidikan disewakan sementara tempat sementara bangunan dalam masa perbaikan dan direkonstruksi, pambayaran gaji lembur untuk guru atau pekerja lain pada bidang tersebut, tambahan biaya untuk guru pengganti, biaya penghancuran dan pembersihan puing-puing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baznas Sebagai Upaya Memakmurkan Masyarakat Karanganyar

Kodim Karanganyar   -  Baznas Sebagai Upaya Memakmurkan Masyarakat Karanganyar Kodim Karanganyar   -  Baznas Sebagai Upaya Memakmurkan M...