Rabu, 02 Desember 2015

PENANAMAN POHON DI LOKASI PEMAKAMAN OLEH BABINSA 09/NGARGOYOSO

Dalam rangka menghinjaukan kembali lokasi Karanganyar yang sedang memasuki musim penghujan Koramil 09/Ngargoyoso melaksanakan penanaman bibit pohon Saman dan Pohon jambu air pada lokasi taman pemakaman umum dukuh Ngalusan Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso. Kegiatan yang berlangsung pada rabu tanggal 25 November 2015 dipimpin langsung Danramil 09/Ngargoyoso Kapten Inf Suwandi bersama Babinsa Koramil 09/Ngargoyoso dan masyarakat.

            Kapten Inf Suwandi mengatakan dengan penanaman pohon diatas makam bukan hanya membuat sejuk namun nantinya tanaman tersebut dapat membuahkan hasil yang bisa dimanfaatkan warag sekitar. Dimana  jambu air Jambu air, dapat disajikan sebagai buah meja. Buah ini umumnya dimakan segar, atau dijadikan sebagai salah satu bahan rujak atau pun disetup atau dijadikan asinan. Kayunya yang keras dan berwarna kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah. Hanya biasanya ukurannya terlalu kecil. Baik pula digunakan sebagai kayu bakar.


            Lebih lanjut Danramil 09/Karanganyar mengatakan pohon saman/Ki hujan/pohon hujan, atau trembesi (Albizia saman (Jacq.)merupakan sebuah tumbuhan pohon besar, tinggi, dengan tajuk yang sangat melebar. Namanya berasal dari air yang sering menetes dari tajuknya karena kemampuannya menyerap air tanah yang kuat. Ternyata pohon trembesi juga mampu menyerap CO2 puluhan kali dari pohon biasa. Pohon trembesi mampu menyerap 28,5 ton karbondiokasida setiap tahunnya. (diamaeter tajuk 15 meter). Diharapkan dengan penanaman tersebut masyarakat sekitar mau bersama-sama manjaga dan merawat tanaman yang telah ditanam bersama-sama sehingga manfaatnya dapat benar-benar dirasakan nantinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...