Rabu, 16 Desember 2015

TANAM PADI JAJAR LEGOWO



Proses bertani atau budidaya pertanian menjadi hal yang sangat penting bagi negara Indonesia karena tanaman padi merupakan makanan pokok bagi seluruh masyarakat. Proses meningkatnya produksi padi dipengaruhi dari berbagai hal dari pemilihan bibit, pemupukan dan cara tanam.  Dengan mengggunakan cara tanam jajar legowo diharapkan produksi padi akan meningkat dengan hal yang baik.
“Legowo” di ambil dari bahasa jawa “Lego” yang artinya luas dan “Dowo” artinya panjang. Tanam padi jajar legowo yaitu cara tanam dengan mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokais dari tanaman seolah –olah tanaman lebih banyak berada di pinggir hal tersebut sama seperti yang dilaksanakan Bati Tuud Koramil 10/Jenawi Serma suparman bersama PPL dalam mendampingi pemilik lahan bapak sudarmin dalam tanam jajar legowo di Desa Menjing Kecamatan Jenawi dengan luas lahan 2300m.
Bati Tuud koramil 10/Jeawi mengatakan bahwa dengan menggunakan sistem tanam jajar legowo akan dapat mengurangi serangan hama dan mempermudah dalam perawatan tanaman padi baik dalam proses pemupukan maupun dalam penyemprotan pestisida. Namun para petani juga harus ekstra dalam perawatannya dikarenakan sistem jajar legowo ini mempengaruhi jumlah rumput yang lebih banyak dari sistem tanam lainnya. Bila dalam penanaman hingga panen nanti menghadapi kendala diharapkan para petani menyampaikan kepada babinsa sehingga dapat dicari solusinya dan menghindari dampak menurunnya kualitas maupun kuantitas hasil padi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...