Selasa, 02 Desember 2014

RAPAT KOORDINASI PENGURUS MUI DAN DMI KABUPATEN KARANGANYAR



Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Kav Bangun Pranoto mewakili Dandim 0727/Karanganya menghadiri Rapat Koordinasi Pengurus MUI dan DMI Kabupaten Karanganyar yang dilaksanakan di Aula Masjid Agung Karanganyar. Rapat ini di buka langsung Oleh KH. Zaenudin, BA. Sabtu (29/11).
Dalam rapat koordinasi Dewan Masjid Indonesia Karanganyar di aula Masjid Agung Karanganyar, sejumlah persoalan dikemukakan dan menjadi pekerjaan rumah bagi pengurus DMI. Diantaranya  DR Abdul Mukti, Dosen UIN Jakarta yang juga pengurus DMI Pusat mengatakan  yang paling urgen dan mendesak adalah mengembalikan masjid sebagai pusat gerakan umat. Kegiatan yang barbau agama namun bisa menarik perhatian remaja dan generasi muda, misalnya pelatihan wirausaha muda, yang di dalamnya bisa diisi dengan out bond bersama, dan juga pelatihan iptek, manajemen, dan lainnya.“Banyak kegiatan yang menarik yang bisa dikemas. Jika kegiatan itu digelar di masjid, maka dengan sendirinya masjid akan menjadi magnet. Bukan hanya sebagai tempat ibadah dan dzikir, pengajian saja. Kesannya itu hanya untuk orang tua saja.”

Kasdim 0727/Karanganyar Mengatakan agar DMI mampu mendorong dan menyemangati bahkan menjadi motivator agar mewujudkan harapan yang lebih tinggi yaitu fungsional, sehingga keberadaan Masjid di suatu tempat bukan saja hanya membentuk masyarakat yang taat dan rajin beribadah tetapi tercermin masyarakat menjadi maju, berakhlak mulia dan berperadapan tinggi sebagai aktualisasi masyarakat madani. Kedua, mengubah pola tradisi dan pemikiran yang mulai bergeser selama ini, dalam artian kurang tepatnya dalam mengelola Masjid. Jamaah Masjid selama ini tidak sedikit yang dijadikan komoditas politik dan ekonomi, bukan lagi menjadi hamba Allah yang seharusnya menjadi tamu Allah yang harus dimuliakan, disayangi, dicintai serta dilindungi. Ketiga, umat Islam selama ini kebanyakan masih berupa sekumpulan umat, bukan satu barisan umat. Diharapkan DMI dapat  menghimbau dan mengajak masyarakat bagaimana merapatkan barisan tidak hanya ketika waktu sholat saja tetapi juga dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panglima TNI Ziarah ke Makam Presiden RI ke 2

KodimKaranganyar - Panglima TNI Ziarah ke Makam Presiden RI ke 2 KodimKaranganyar - Panglima TNI Ziarah ke Makam Presiden RI ke 2 ...