Kamis, 18 Desember 2014

PENGUKUHAN GUBERNUR BERSAMA BUPATI/WALIKOTA JAWA TENGAH DAN DIY SEBAGAI WARGA KEHORMATAN KODAM IV/DIPONEGORO




Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letnan Kolonel Inf Marthen Pasunda, S.Sos  menghadiri kegiatan pengukuhan Gubernur Jawa Tengah bersama 40 Bupati/Walikota Se- Jawa Tengah dan DIY sebagai warga kehormatan Kodam IV/Diponegoro di Makodam IV/Diponegoro Semarang, Rabu(17/12). Kegiatan ini di pimpin langsung Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono. Pada kesempatan ini para kepala daerah berkesempatan menaiki helikopter Mi-17, menembak dengan pistol hingga menaiki tank AMX-13 APC.
Gubernur, adalah jabatan politik di Indonesia. Gubernur merupakan kepala daerah untuk wilayah provinsi. Gubernur dipilih bersama wakilnya dalam satu paket pasangan yang dipilih secara langsung oleh rakyat di provinsi setempat untuk masa jabatan 5 tahun, sehingga dalam hal ini gubernur bertanggung jawab kepada rakyat. Selain itu, gubernur juga berkedudukan sebagai wakil pemerintah pusat di wilayah provinsi bersangkutan, sehingga dalam hal ini, gubernur bertanggung jawab kepada presiden.

Bupati, dalam konteks otonomi Daerah di Indonesia adalah kepala daerah untuk daerah kabupaten. Seorang bupati sejajar dengan wali kota, yakni kepala daerah untuk daerah kota. Pada dasarnya, bupati memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD kabupaten. Bupati dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat di kabupaten setempat. Bupati merupakan jabatan politis (karena diusulkan oleh partai politik), dan bukan Pegawai Negeri Sipil.

Dandim 0727/Karanganyar mengatakan Gubernur, Bupati/Walikota Jawa Tengah merupakan kepala daerah yang juga berperan penting dalam kemajuan suatu wilayah yang dapat menambah motivasi dalam kerjasama besinergi dengan TNI untuk terciptanya keamanan dan pertahanan NKRI umumnya terlebih wilayah Jawa Tengah pada khususnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senam Bersama Sebagai Wujud Kekompakan Anggota Persit

KodimKaranganyar –  Senam Bersama Sebagai Wujud Kekompakan Anggota Persit KodimKaranganyar  –  Senam Bersama Sebagai Wujud Kekompakan ...