Selasa, 13 Januari 2015

SARASEHAN KEBANGSAAN PANCASILA SEBAGAI KARAKTER BANGSA KABUPATEN KARANGANYAR





Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen Pasunda, S.Sos menghadiri kegiatan Sarasehan kebangsaan pancasila sebagai karakter bangsa. Yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Sabtu (10/1/15).
Dalam Arahannya Dandim menyatakan Setiap bangsa harus memiliki karakter atau cetakan dasar kepribadian yang tumbuh dari pengalaman bersama. Bagi bangsa Indonesia karakter itu bertumpu pada pancasila sebagai dasar kelima sila yaitu ketuhanan, kemanusiaan , persatuan, kerakyatan, dan keadilan  adalah pandangan dunia yang visioner dan tahan banting. Namun nilai- nilai itu saat ini sudah mulai terabaikan karena itu kita harus kembali mencetak nilai-nilai ideal itu menjadi karakter kebangsaan dengan mendalami meyakini dan mengamalkan dalam kehidupan nyata. Diperlukan sosialisasi pancasila secara kreatif dan menyeluruh dalam pemikiran, penjiwaan dan tindakan, kelima sila itu harus diamalkan dengan dasar ketaatan pada hukum, keagamaan, dan kodrat hidup bersama.
Lebih lanjut Dandim mengatakan Karakter bangsa dapat ditumbuhkan melalui proses internalisasi dalam budaya di masyarakat misalnya melalui keteladanan para tokoh, cerita –cerita kearifan lokal  dan melalui media komunikasi. Penanaman karakter bangsa yang ideal harus dilakukan pada usia dini misalnya dari tingkat Sekolah Dasar /Sejak dini . Peran serta orangtua , sekolah dan lingkungan masyarakat yang harus lebih aktif dan dinamis dan pembentukan program yang terukur dan sistematis agar pembentukan moral dan karakter Pancasila dapat berjalan sesuai rencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...