Kamis, 08 Januari 2015

PENANAMAN POHON KELAPA DI DESA JUMAPOLO KARANGANYAR




Komandan Koramil 12/Jumapolo Kapten Inf Suwandi memimpin penanaman 100 pohon kelapa yang bertempat di lapangan desa Jumapolo.  Kelapa merupakan tanaman perkebunan/industri berupa pohon batang lurus dari famili Palmae. Tanaman kelapa adalah  salah satu  anggota genus Cocos pertama kali digunakan oleh Vasco da Gama dan daerah asalnya adalah lembah-lembah Andes di Columbia.
      Danramil 12/jumapolo mengatakan  kegiatan ini sebagai penghijauan di wilayah Jumapolo, ada 100 pohon kelapa yang berhasil ditanam bersama para Babinsa dan warga sekitar.  Pohon kelapa dijuluki pohon kehidupan, karena setiap bagian tanaman dapat dimanfaatkan seperti pada sabut kelapa yang bisa dimanfaatkan sebagai keset, sapu, matras, bahan pembuat spring bed sampai pada nira kelapa yang bisa dijadikan gula merah(gula kelapa)
Lebih lanjut Danramil 12/Jumapolo mengatakan bahwa saat ini banyak pembangunan di wilayah kita yang memanfaatkan lahan pertanian sehingga makin berkurangnya tumbuhan yang ada disekitar kita. Padahal tumbuhan adalah produsen pertama yang mengubah energy surya menjadi energy yang potensial untuk makhluk lainnnya. Dengan pengijauan yang saat ini dilakukan diharapkan dapat mengurangi CO2  atau polutan lainnya yang berperan terjadinya efek rumah kaca ataupun gangguan iklim lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...