Jumat, 16 Januari 2015

APEL BENDERA BULAN K3 TINGKAT KABUPATEN KARANGANYAR




Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerja dalam menjalankan pekerja dalam menjalankan pekrjaannya,melalui upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerja. Masalah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bukan saja merupakan tanggung jawab pemerintah tetapi juga merupakan tanggung jawab semua pihak, khususnya masyarakat industri. Dengan demikian semua pihak terkait berkewajiban untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan kewenangannya untuk berbagai upaya di bidang K3 secara terus-menerus dan berkesinambungan serta menjadikan K3 sebagai bagian dari budaya kerja disetiap kegiatan, sehingga dapat mencegah kasus kecelakaan dan penyakit akibat kerja (PAK).
Sesuai dengan keputusan menteri Tenaga Kerja No. : KEP.372/MEN/XI/2009 tentang Petunjuk pelaksanaan Bulan Keselamatn dan Kesehatan kerja maka Pemerintah daerah Kabupaten karanganyar mengadakan kegiatan Apel Bendera Bulan K3 Tingkat kabupaten Karanganyar yang bertempat di Halaman Perusahaan PG Tasikmadu.


Acara ini dipimpin langsung oleh Bupati Karanganyar Drs. Juliatmono, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk terciptanya kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak untuk optimalisasi pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan, terwujudnya budaya K3 di setiap lingkungan kerja Kabupaten Karanganyar.
Kepala Kasdim 0727/Karanganyar menyatakan Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja hendaknya bukan merupakan tujuan utama. Peringatan ini diharapkan bukan hanya sebagai alat untuk mengingatkan kita khususnya pekerja, pengusaha dan masyarakat  industri bahwa ada hal yang lebih besar dan lebih penting yang harus kita capai yakni terciptanya tempat kerja yang aman, nyaman, Sehat, Nihil kecelakaan dan penyakit akibat kerja dan meningkatkan produktivitas kerja masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Persiapan Pembukaan TMMD Sengkuyung II, Pasiter Kodim Karanganyar Tinjau Lokasi

KARANGANYAR — Babinsa Desa Jatipuro Sertu Wawan anggota Koramil 14/Jatipuro Serma Triyono mendampingi Pasiter Kodim 0727/Karanganyar Kapten ...