Kamis, 08 Januari 2015

LAUNCHING BUKU "SEJARAH DAN NILAI-NILAI PERJUANGAN RADEN MAS SAID




Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen pasunda, S.Sos  menghadiri Launching Buku “Sejarah dan Nilai-Nilai Perjuangan Raden Mas Said”, bertempat di rumdis bupati Karanganyar. Kegiatan ini dibuka langsung oleh bupati Drs. Juliatmono, MM, dalam sambutannya beliau mengatakan Karanganyar lahir sebagai dukuh kecil, tepatnya terjadi pada tanggal 19 April 1745 atau 16 Maulud 1670. Pencetus nama Karanganyar adalah Raden Mas Said, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Sambernyawa. Cikal bakal daerah Karanganyar berasal dari Raden Ayu Diponegoro atau Nyi Ageng Karang dengan nama kecil Raden Ayu Sulbiyah. Pada waktu itu Karanganyar menjadi sebuah dukuh kecil (badran  baru)  yang  termasuk  dalam  wilayah  Kasunanan  Surakarta,  pada  saat  itu pimpinan Swapraja Kasunanan Surakarta adalah Sri Pakubuwono II. Dengan kata lain Raden Mas Said adalah pendiri  Kabupaten kita yaitu Karanganyar sudah selayaknya kita menghargai beliau dengan mengenal kehidupannya di zaman dulu, perjuangannya melawan penjajah dari negeri ini. Rabu (7/1/15)

Komandan Kodim 0727/Karanganyar mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya sendiri, dari sejarahlah kita mendapat banyak pelajaran yang berharga, mempelajari sejarah berarti kita mempelajari nenek moyang serta kehidupannya, jika kita melihat kebelakang kita akan terkesima dengan kehidupan mereka, betapa indahnya kehidupan sebelum kita, bukankah kita merupakan untaian dari sejarah itu sendiri, nafas kita, menit-menit yang kita lalui merupakan tetesan perjalanan waktu dan biarlah anak-cucu belajar lebih banyak lagi sejarah yang terjadi di masa lampau ataupun  saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Anggota Koramil Tawangmangu Melaksanakan Komsos Di Wisata Grojogan Sewu

KARANGANYAR — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar Serka Parno bersama Serda Anang melaksanakan Komu...