Kamis, 22 Januari 2015

PENANDATANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA BUPATI KARANGANYAR DAN KOMANDAN KODIM 0727/KARANGANYAR SERTA PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN JARINGAN IRIGASI TERSIER DI WILAYAH KABUPATEN KARANGANYAR



Dalam rangka program ketahanan pangan yang sedang digalakkan Pemerintah, Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Kav Bangun Pranoto  mewakili Komandan Kodim 0727/Karanganyar menandatangani kesepakatan kerjasama Bupati Karanganyar dan Komandan Kodim 0727/Karanganyar,  yang bertempat di desa Brujul, dengan kerjasama ini diharapkan Program ketahanan pangan dapat mencapai hasil yang diinginkan. Selasa (20/1/15)

Dalam kegiatan ini diletakkan pula batu pertama pembangunan Irigasi Tersier yang terletak di wilayah Kabupaten Karanganyar oleh Bupati Karanganyar Drs. Juliatmono,MM.  Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas  pertanian Kabupaten Karanganyar.

Irigasi adalah tempat menampung air, baik secara alami (air hujan) ataupun buatan (genangan air akibat banjir disuatu wilayah) ke tanah dengan tujuan untuk memberi kelembaban yang berguna bagi pertumbuhan tanaman. Hal agar persediaan dan pengaturan air dalam menunjang proses produksi pertanian diantaranya mengatur pembasaan tanah agar daerah pertanian dapat diairi sepanjang waktu pada saat dibutuhkan baik pada musim kemarau maupun musim penghujan.

Bupati Karanganyar Drs. Juliatmono, MM mengatakan kesepakatan kerjasama ini diharapkan seluruh elemen Pemerintahan dan masyarakat di wilayah Kabupaten Karanganyar turut andil dan mendukung program ini agar hasil yang dinginkan bisa tercapai, dengan  pembangunan irigasi di wilayah Kabupaten Karanganyar diharapakan bisa mengatasi kekeringan saat musim kemarau tiba, karena di negara kita ini memiliki 2 musim hujan dan musim kemarau yang saat ini tidak menentu, keterbatasan kondisi kemampuan para petani dalam membangun irigasi di pedesaan  sering sekali terjadi kekurangan bahan pangan saat musim kemarau. Diharapkan dengan  adanya bangunan irigasi ketersediaan air lebih terjamin dan tidak akan kesulitan menanam saat musim kemarau yang panjang. 



Kasdim 0727/Karanganyar menyatakan  dengan adanya irigasi produksi dari semua tanaman akan meningkat dengan pemberian air yang tepat waktu dan jumlah yang cukup, pemberian air yang kurang ataupun melebihi akan membuat hasil pertanian menurun. Ketersediaan air terjamin secara terus-menerus maka tanaman – tanaman yang unggul  secara alamiah akan mengungguli tanaman yang kurang baik, hasil produksinya pun akan lebih baik dalam hal kualitas. Dengan kualitas produksi yang lebih baik akan meningkatkan nilai jual dari tanaman tersebut.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...