Rabu, 22 Oktober 2014

SARASEHAN ANTAR TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASYARAKAT DALAM RANGKA MEMBAHAS KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KABUPATEN KARANGANYAR






Komandan Kodim 0727/Karanganyar menghadiri acara sarasehan antar tokoh agama dan tokoh masyarakat yang membahas tentang kerukunan umat  beragama bertempat di hotel pondok sari 2 Tawangmangu Karanganyar. Senin (20/10).
Dalam acara tersebut Dandim menjadi pembicara yang membahas  bahaya perang yang terjadi di saat ini bukan perang yang mengangkat senjata melainkan perang sebuah konfrontasi antara dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan  untuk mengurangi resiko konflik langsung yang berisiko pada kehancuran fatal yang lebih di kenal dengan proxy war. Singkatnya proxy war merupakan kepanjangan tangan dari suatu negara yang berupaya mendapatkan kepentingan strategisnya namun menghindari keterlibatan langsung suatu perang yang mahal dan mendarah. 

Melalui perang proxy tidak dapat dikenali dengan jelas siapa kawan dan siapa lawan karena musuh mengendalikan non State Actors dari jauh. di Indonesia proxy war sudah sangat mengawatirkan efeknya seperti adanya Gerakan Separatis, demontrasi massa, system regulasi yang merugikan, peredaran narkoba, bentrok antar kelompok. Perlu mewujudkan kesamaan persepsi tentang bahaya ancaman proxy war, mencari  solusi bekerjasama dengan semua komponen masyarakat termasuk didalamnya adalah forum komunikasi umat beragama (FKUB) melalui FKUB diharapkan  problem dalam masyarakat dapat  diselesaikan dengan mengedepankan rasa toleransi dan saling menghormati antar pemeluk agama sehingga perpecahan  dan disintegrasi bangsa dapat dihindarkan. Mencari solusi  dalam upaya pembekalan keimanan dan ketaqwaan kepada generasi muda agar tidak larut dalam sikon yang termasuk dalam proxy war.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...