Senin, 13 Oktober 2014

UPACARA PEMBUKAAN TMMD SENGKUNYUNG TAHAP II TA.2014 DI WILAYAH KODIM 0727/KATARANGANYAR






                  Operasi Bhakti dengan pola TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap-II TA. 2014 merupakan bagian dari program Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan secara terpadu dengan Lintas Sektoral, berdasarkan pertimbangan kondisi wilayah sesuai mekanisme (Bottom Up) mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran.
                                                                 
        Mengawali kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap-II TA. 2014 di wilayah Kodim 0727/Karanganyar, dilaksanakan upacara pembukaan, bertindak sebagai Irup Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda, S.Sos, bertempat di Lapangan Desa Dayu, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Kamis (9/10).

            Pada Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap-II tersebut, Dandim 0727/Karanganyar membacakan amanat Kasad, diantaranya program TMMD telah dimulai sejak tahun 1980 dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD) program ini berubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) setelah era reformasi, akibat adanya TAP MPR yang memisahkan Polri dari TNI.
 
            Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih 34 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan.

            Sebelum upacara pembukaan, telah di dahului  oleh Pra TMMD Sengkuyung Tahap-II dimulai tanggal 29 September s/d 8 Oktober 2014, sasaran yang dikerjakan penggalian tempat pondasi talud, dengan menggunakan alat berat yaitu Bego karena musim terang dan jenis tanah padas, serta mengerjakan rabat beton jalan hasil yang di capai 200 meter.

            Program TMMD Sengkuyung Tahap-II TA. 2014 di wilayah Kodim 0727/Karanganyar, sasaran fisik Rabat Beton Jalan Panjang 700 meter, Lebar 2,5 meter dan tebal  8 Cm, Pembangunan Talud Jalan Panjang 40 meter, Tinggi rata-rata 6 s.d 8 meter, Tebal 1 meter, Rehab/Plesterisasi RTLH 10 Unit dan Pembangunan gorong-gorong  Panjang 4 meter, Lebar 1 meter, 1 unit.        

            Sasaran Non Fisik berupa penyuluhan meliputi : Bidang Wawasan kebangsaan,Bidang Kamtibmas, Pencegahan ISIS, Bahaya Narkoba, Bidang Kesejahteraan masyarakat (Kesra), Bidang Bintal dan kerohanian, Bidang Keterampilan penerapan teknologi tepat guna, Bidang kesadaran hukum (Kedarkum), Sosialisasi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN), Pengobatan massal dan Sosialisasi bahaya AIDS serta Pelayanan KB Kesehatan.

            Rangkaian kegiatan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap-II TA. 2014 di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Agama, Tim Pemantau dari Korem 074/Warastratama, Mayor Inf Sutrisno, SKPD Kab. Karanganyar, Unsur Organisasi Wanita diantaranya Ketua Dharma Wanita Kab. Karanganyar, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 48 Dim 0727/Karanganyar, Ketua Bhayangkari Karanganyar, Ketua PPAD, Pebabri, LVRI, FKPPI, dan PPM serta para Tokoh Ulama,  Kepala Kemenag Kab. Karanganyar, Ketua Ormas LDII, MTA, maupun Senkom.

            Kegiatan upacara selesai, Muspida Karanganyar dan tamu undangan menyaksikan kesenian Tradisional yaitu, JATILAN SETYO BUDOYO dari Desa Tuban, Kec. Gondangrejo, acara dilanjutkan penanaman penghijauan oleh Bupati Karanganyar jenis penghijauan (Malaba), Dandim 0727/Karanganyar (Kenari), Kapolres Karanganyar (Pronojiwo), Kajari (Kepel), Ketua DPRD (Sawo Kecik), Kepala Pengadilan Agama (Jambu Mete) dan Wakil Bupati (Kesambi).

            Acara di akhiri peninjauan kegiatan TMMD pembangunan Talud Jalan panjang 40 meter dan tinggi rata-rata 6 s.d 8 meter, selanjutnya rombongan Muspida dan SKPD menuju Kotis TMMD untuk ramah tamah, rombongan meninggalkan lokasi TMMD pukul 11.15 Wib. dalam keadaan tertib,lancar dan aman (kodimkra@yahoo.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...