Minggu, 26 Maret 2017

SUKSESKAN STOP BABS (BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN) DEMI TERCIPTANYA KESEHATAN

SUKSESKAN STOP BABS (BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN) DEMI TERCIPTANYA KESEHATAN

Karanganyar, Babinsa Desa Suruh Kalang Serka Kasmani mengikuti "Sosialisasi Proses Program Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS)" di masyarakat pada prinsipnya adalah pemicuan terhadap rasa jijik, rasa malu, rasa takut sakit, rasa berdosa dan rasa tanggung jawab yang berkaitan dengan kebiasaan BAB di sembarang tempat.(Kamis, 23 Maret 2017 Koramil 04/Jaten)

Dan untuk membantu proses pemicuan tersebut digunakan beberapa komponen PRA seperti pemetaan, transek, alur kontaminasi dan simulasi lainnya, proses ini adalah salah satu usaha untuk mencapai salah satu pilar dari Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang terdiri dari lima pilar yaitu :
1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS).
2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).
3. Pengolahan Air Minum Rumah Tangga (PAM-RT).
4. Pengelolaan Limbah Padat (sampah) di Rumah Tangga.
5. Pengelolaan Limbah Cair di Rumah Tangga.

Adapun dampak positif jika kita menjalankan Stop BABS diantaranya yaitu:
1. Menjaga lingkungan menjadi bersih, sehat, nyaman dan tidak berbau
2. Tidak mencemari sumber air yang dapat dijadikan sebagai air baku air minum atau air untuk kegiatan sehari-hari lainya seperti mandi, cuci, dll.
3. Tidak mengundang serangga dan binatang yang dapat menyebarluaskan bibit penyakit, sehingga dapat mencegah penyakit menular.

Penilaian verifikasi Stop BABS kali ini dilakukan di desa Suruh Kalang Kecamatan Jaten, bertempat di balai desa setempat. Jika kita tau betapa pentingnya Stop BABS bagi kesehatan, tentu kita akan mendukung dan menyukseskan gerakan Stop BABS dengan selalu menerapkan perilaku hidup bersih demi kesehatan.(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang

KodimKaranganyar - Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang KodimKaranganya...