Kamis, 05 Februari 2015

PEMERIKSAAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI OLEH DENPOM IV/SKA DI MAKODIM 0727/KARANGANYAR




Personil Denpom 4/SKA  memeriksa 150 kelengkapan surat kendaraan prajurit Jajaran  Kodim 0727/Karanganyar dipimpin oleh Kapten Cpm I Nyoman yang bertempat di lapangan Makodim. Kamis, 5 Februari  2015. Pemeriksaan ini dilakukan untuk penertiban dan penegakan hukum.Pemeriksaan dititikberatkan pada kelengkapan kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM). 


Surat Izin Mengemudi atau disingkat SIM adalah suatu tanda bukti bahwa seseorang diizinkan untuk mengendarai jenis kendaraan bermotor tertentu oleh pihak terkait. Untuk mendapatkan SIM seseorang harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan mengikuti ujian yang diadakan. Dengan mampu menunjukkan SIM maka seseorang telah dinyatakan boleh membawa suatu jenis kendaraan tertentu sesuai dengan jenis SIM yang dimilikinya. Gagal menunjukkan SIM berarti bisa dianggap sebagai orang yang tidak diperbolehkan mengendarai suatu jenis kendaraan bermotor. 

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau disingkat STNK adalah suatu tanda bukti bahwa suatu kendaraan telah terdaftar dan diijinkan untuk beroperasi di jalan umum oleh pihak kepolisian. Setiap STNK memiliki identitas seseorang atau badan hukum yang bertindak sebagai pemilik kendaraan sekaligus sebagai penanggung jawab kendaraan apabila terjadi apa-apa. Untuk mendapatkan STNK suatu kendaraan bermotor harus didaftarkan terlebih dulu dengan melampirkan berbagai berkas yang dipersyaratkan serta membayar pajak dan bea yang telah ditetapkan. Dengan mampu menunjukkan STNK maka seseorang dinyatakan sebagai orang yang memiliki atau dipinjami suatu kendaraan bermotor secara resmi dan legal
Pada kesempatan tersebut Dandim 0727/Karanganyar  Letkol Inf. Marthen Pasunda, S.Sos mengatakan Bahwa Pemeriksaan kendaran ini merupakan salah satu upaya preventif Kodim 0727/Karanganyar  dalam meningkatkan disiplin prajurit TNI terhadap hukum. Selain STNK dan SIM dalam berkendara banyak hal yang harus kita perhatikan termasuk Tanda Anggota, spion harus lengkap sesuai standart, lampu sen serta khusus kendaraan beroda dua harus menyalakan lampu pada siang hari. Cek kembali kondisi ban kendaraan karena saat ini musim penghujan, jangan sampai kita menyepelekan hal kecil malah mendapat celaka yang besar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Persiapan Pembukaan TMMD Sengkuyung II, Pasiter Kodim Karanganyar Tinjau Lokasi

KARANGANYAR — Babinsa Desa Jatipuro Sertu Wawan anggota Koramil 14/Jatipuro Serma Triyono mendampingi Pasiter Kodim 0727/Karanganyar Kapten ...