Selasa, 10 Februari 2015

LATIHAN KADER PERTANIAN BAGI DANRAMIL DAN BABINSA DALAM RANGKA PENINGKATAN SWASEMBADA PANGAN DI WILAYAH KODIM 0727/KARANGANYAR



Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan di wilayah Kodim 0727/Karanganyar  dilaksanakan pelatihan  kader ketahanan pangan Danramil dan Babinsa wilayah Kabupaten Karanganyar. Bertempat di PT. Indo Acidatama. Tbk Karanganyar, di mulai dari tanggal 9 Februari sampai dengan tanggal 12 Februari 2014.
Kegiatan ini di buka langsung oleh Bupati Karanganyar Drs. Juliatmono, MM, dan dihadiri jajaran asisten Kabupaten Karanganyar, muspika kecamatan Kebakkramat, SKPD Karanganyar, Camat seKabupaten Karanganyar, Kades Kemiri, Direksi PT. Indo Acidatama dan  PPL Kabupaten Karanganyar. Dalam sambutannya Bupati Karanganyar mengatakan Menghimpun seluruh sumber daya yang dimiliki untuk kemudian dimanfaatkan dan bisa mendukung program swasembada pangan adalah mutlak dilakukan, termasuk memanfaatkan tenaga Babinsa yang dilibatkan sebagai tenaga penyuluh pertanian seperti saat ini. Dan diharapkan dengan adanya program ini bisa bisa terwujud program swasembada pangan di wilayah Karanganyar.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen Pasunda, S.Sos, sebagai ketua penyelenggara kegiatan ini menyatakan Swasembada pangan adalah merupakan pencapaian peningkatan ketersediaan pangan di wilayah Indonesia. Kapabilitas Babinsa sebagai penyuluh pertanian berdampingan dengan PPL dalam hal teknis bertani. Dan diharapkan para babinsa  mampu menggerakkan petani/kelompok tani diwilayahnya untuk merencanakan dan mengelola usaha taninya secara optimal, mampu menyelenggarakan penyuluhan pertanian bersama PPL, mampu berperan sebagai fasilitator pembangunan pertanian di wilayah binaannya.  Seluruh Danramil dan Babinsa nantinya akan membantu pemerintah memotivasi petani, termasuk mengawal dan mendampingi mulai dari proses tanam, pendistribusian benih, pupuk hingga panen. Disamping itu diharapkan seluruh Babinsa dapat mengawasi penyaluran pupuk, mengawasi penyaluran bibit, mengawasi pengairan/irigasi, mengawasi penggunaan dan pemeliharaan Alsintan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...