Rabu, 11 Februari 2015

KELAS LAPANGAN LATIHAN KADER PERTANIAN KODIM 0727/KARANGANYAR



Dalam rangka pelatihan kader ketahanan pangan danramil dan babinsa wilayah kabupaten Karanganyar yang bertempat di PT. Indo Acidatama.Tbk Karanganyar dilaksanakan  juga pratek kelas lapangan penanaman bibit kedelai. Selasa (10/2/15).

Kedelai merupakan tumbuhan serbaguna. Akarnya memiliki bintil pengikat nitrogen bebas yang berguna untuk kesuburan tanah. Tanaman mempunyai kadar protein tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pupuk hijau dan pakan ternak. Selain itu kedelai merupakan bahan dasar berbagai makanan, sehingga di Indonesia, kedelai merupakan sumber gizi protein nabati utama. Biji kedelai kaya protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat), lesitin, dan isoflavon. Olahan dari biji kedelai dapat dibuat menjadi berbagai produk, antara lain tahu, tempe, susu kedelai, minyak kedelai, tepung kedelai, kecap, tauco dan makanan ringan.
 
Pada kesempatan tersebut Dandim 0727/Karanganyar  Letnan Kolonel Inf. Marthen Pasunda, S.Sos menyatakan melihat manfaatnya yang sangat besar, memungkinkan kita untuk memahami bagaimana pun juga kedelai adalah sumber makanan lengkap. Lebih lanjut dandim 0727/Karanganyar  menyatakan metode pelatihan yang diberikan kepada para danramil dan Babinsa dengan memberikan contoh mengenai teknik budidaya kedelai yang dipraktekkan langsung oleh peserta cukup efektif karena para peserta akan mendapat gambaran cara budidaya kedelai secara langsung yang nantinya akan dicontohkan kepada petani di lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...