Rabu, 25 Februari 2015

FESTIVAL BARONGSAI DI SOLO PARAGON




Dalam rangka event festival barongsai yang melibatkan seluruh angkatan TNI dan Polri, Komandan Kodim 0727/karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen Pasunda, S.Sos menghadiri acara pembukaan kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 22 Februari 2015 yang bertempat di area Solo Paragon Mall. Kegiatan tersebut dihadiri pula Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Bakti Agus Fadjari, S.IP beserta para Kasi Korem 074/Wrt, direksi Solo Paragon dan masyarakat sekitar. 

Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Biasanya Barongsai dipentaskan pada kesempatan pesta atau perayaan tradisional Cina, misalnya Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh. Tarian ini biasanya ditampilkan sebagai sebuah tarian yang diiringi oleh tabuhan kendang dan genderang, juga simbal, alat-alat musik khas Cina. 

Dandim 0727/Karanganyar menyatakan bahwa suasana amat riuh dan sekaligus mengairahkan. Barongsai berbentuk seekor singa, yang berkepala besar sekali, dengan mulut menganga, gigi lancip dan taring besar serta mata yang melotot keluar, kelihatan menyeramkan. Tapi wajah dan kepala singa dihias indah, sehingga malah berkesan lucu. Tubuh singa bersisik-sisik, dan pada bagian belakang terdapat ekor yang kecil. Satu Barongsai dimainkan oleh dua orang, bagian kepala dan bagian badan. Dua orang ini memang harus sangat kompak sehingga Barongsai benar-benar kelihatan menari, dengan indah dan lincah. Tidak jarang Barongsai dipentaskan dalam gerak akrobatik yang memukau sekaligus mendebarkan. Inilah yang menambah  daya tarik Barongsai.


Lebih lanjut Dandim 0727/Karanganyar mengharapkan agar kegiatan ini dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan diantara kita semua, sebagai ajang memperkenalkan kesenian Barongsai, melatih mental, Ketrampilan dan Kreativitas para peserta kejuaraan Barongsai dan juga sebagai  hiburan bagi masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...